Berita

@Matematika

Sunday, 22 May 2022

SHARING ALUMNI “INTEGRAL 2022” by HIMATIKA ALGEBRA

Sharing Alumni merupakan program kerja baru dari Himatika Algebra UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar Angkatan, terutama dengan para alumni yang sudah melanjutkan kehidupannya masing-masing. Dari para alumni tersebut kita dapat belajar banyak pengalaman dan hal-hal baru yang sudah mereka lakukan setelah lulus dari dunia perkuliahan. Sharing Alumni ini diberi nama “INTEGRAL” yang merupakan singkatan dari Interaksi Antar Generasi Algebra. Tema yang diambil pada INTEGRAL tahun ini yaitu GALAXY (The Right Time for Sharing Life Experiences About Mathematics to Our Next Youth) yang memiliki makna tentang luasnya masa depan bukan hanya tentang setinggi langit, tetapi diatas langit dapat dilihat bahwa galaxy lebih indah dan lebih luas.

Integral 2022 dilaksanakan pada Sabtu, 21 Mei 2022 bertempat di Gedung SAC lantai 3 UIN Sunan Ampel Surabaya yang dihadiri sekitar 50 peserta dari angkatan 2020 dan 2021 dengan tiga pemateri dari alumni Angkatan 2016 dan 2017. Para alumni tersebut diantaranya ada kak Suwanto, S.Mat dan kak Ahmad Zoebad Foeady, S.Mat dari Angkatan 2016, serta kak Anisa Nur Azizah, S.Mat dari Angkatan 2017. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan seperti Ketua Pelaksana, Ketua Umum Himatika Algebra, serta Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi yaitu Bapak Yusuf Amrozi, M.MT. Sambutan dari Bapak Yusuf Amrozi, M.MT yang sangat positif serta bersemangat mendukung pelaksanaan acara ini membuat susana acara menjadi lebih bersemangat dan para alumni pun juga semakin antusias. Acara ini berjalan seperti acara Talk Show yang dipandu oleh dua moderator yaitu Yuvrico Bagus A. dan Yasirah Rezita A. Y. dari Angkatan 2019. Selama acara berlangsung, para alumni dengan semangat menceritakan perjalanan mereka selama kuliah mulai dari suka duka, kenangan, dan masa-masa nakal mereka selama menjadi mahasiswa. Para alumni juga menceritakan tentang pentingnya organisasi, dunia kerja, bahkan tentang melanjutkan studi ke S2. Tidak lupa di tengah-tengah acara pun ada sesi yang sangat seru, yaitu game agar peserta tidak bosan dan kembali bersemangat saat mendengarkan para alumni bercerita tentang pengalaman mereka. Kak Anisa mengatakan bahwa ”S2 itu bisa menjadi pilihan, disaat belum mau bekerja atau bahkan belum menikah bagi para perempuan. Kita perempuan juga berhak menuntut ilmu yang tinggi”. Selain itu, ada dua kata-kata motivasi yang disampaikan oleh para kakak alumni yang dapat membuat kita lebih bersemangat seperti ”Kita boleh bermimpi untuk sukses. Sukses itu bukan hanya untuk diimpkan tetapi juga diwujudkan”, ujar kak Ahmad Zoebad Foeady dan ”Semua berawal dari niat, mau baik apa buruknya yang kita jalani kalau niatnya baik InsyaAllah baik”, pesan kak Suwanto. Tidak lupa, setelah sharing dilakukan ada sesi tanya jawab dengan para peserta menuliskan pertanyaannya di kertas dan dikumpulkan. Moderator memanggil salah satu peserta untuk mengambil pertanyaan dan membacakannya secara langsung kepada para alumni dan secara langsung pula dijawab dengan penuh semangat oleh para alumni. Acara ditutup dengan pembagian hadiah game serta sesi foto bersama para alumni dan peserta.

Banyak hal-hal positif yang bisa didapat dari acara Integral 2022 ini, kita juga bisa belajar dari pengalaman kakak-kakak alumni dan semakin bersemangat dalam menjadi mahasiswa yang aktif. Kami harap program kerja ini dapat berlanjut tiap tahun kedepannya agar terjalin hubungan baik antar Angkatan serta mahasiswa dan alumni, selain menjaga hubungan baik juga dapat membantu kita para mahasiswa untuk mendapatkan hal-hal yang mungkin akan kita jalani kedepanya setelah lulus dari dunia perkuliahan.