Berita
Seminar Literasi Keuangan

Program Studi Akuntansi UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Seminar Literasi Keuangan dengan tema “Peningkatan Kemampuan Literasi  Finansial Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya” yang dilaksanakan di Kampus A. Yani gedung Al-Ghazali FEBI Lt.7 UIN Sunan Ampel Surabaya, Senin (05/09/2022).

Seminar dibuka oleh Kaprodi Akuntansi, Ibu Dr. Mazro’atus Sa’adah, M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengharapkan mampu membantu mahasiswa dalam mengelola uang jajan terutama bagi mahasiswa sebagai anak kos. “Seminar ini diharapkan mampu membekali mahasiswa dengan pengetahuan pengelolaan keuangan dalam berinvestasi”, tegas Dr. Mazro’atus Sa’adah.

Kegiatan yang dilandasi bahwa darurat literasi keuangan terjadi khususnya dikalangan generasi Z, tingkat literasi keuangan dan investasi para mahasiswa masih terbilang terbatas, selalu kalah cepat dengan pertumbuhan akses atau keterhubungan masyarakat dengan dunia finansial. Materi hari pertama disampaikan oleh Ibu Meliza Silvi, SE., M.Si.,CFP dari Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya. Ibu Meliza menekankan pada pentingnya literasi keuangan bagi kalangan mahasiswa khususnya untuk pengelolaan keuangan di masa depan. “Literasi keuangan masyarakat kita berbanding terbalik dengan inklusi keuangan”, ungkap Ibu Meliza.

Selanjutnya, Ibu Ade Irma Suryaning Lating, S.E., M.S.A., selaku ketua panitia menyatakan bahwa acara hari ini berjalan lancar, dengan narasumber yang cukup komunikatif beliau juga mengharapkan agar peserta dalam hal ini mahasiswa semester 5 mendapatkan pencerahan dalam hal mengelola keuangannya kedepan. “Semoga apa yang disampaikan besok oleh narasumber ke 2 semakin membuka, menambah dan memberikan impact secara langsung dalam hal investasi”, ungkap Ibu Ade Irma Suryani Lating.

Kegiatan hari berikutnya dilanjutkan materi oleh Dyan Fajar Mahardika, SE., MM., selaku Executive Trainer PT. Bursa Efek Indonesia yang membahas tentang cerdas dalam berinvestasi dan dapat memilih jenis investasi di pasar modal.  [jq]