Berita

FISIP setelah libur panjang semester gasal, akhirnya perkuliahan semester genap tahun akademik 2022-2023 kembali aktif. Situasi kampus tampak ramai dan perkuliahan terlihat normal, antara mahasiswa saling sapa satu sama  lain, tidak terkecuali saling sapa dengan dosen.

Menurut Aghnina, mahaiswa semester empat Ilmu Politik bahwa semester genap tahun ini memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan semester sebelumnya. Perbedaan yang dirasakan Aghnina berupa mata kuliah dan dosen pengampu serta teman kelas di semester  ini. Dirinya mengaku sengaja mengambil kartu kredit studi (KRS) dengan kelas yang berbeda karena ingin merasakan perbedaan suasana di kelas lain. Tetapi itu tidak menjadi masalah karena dengan begitu bisa berbaur dan saling mengenal dengan teman yang berasal dari kelas berbeda sebelumnya. Aghnina mengatakan, bahwa awal semester genap merupakan babak baru bagi dirinya yang harus diikuti dengan semangat baru dan komitmen belajar yang tinggi hingga akhir semester.  

Antusiasme juga dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang mengikuti perkuliahan hampir 99% mahasiswa hadir pada kelas Komunikasi Politik. Hingga hari kedua dan ketiga kampus UINSA  tampak sangat ramai dengan kendaraan yang ada di area parkiran. Semangat mahasiswa tidak hanya dilihat dari jumlah kendaraan di parkiran, tetapi juga aktivitas lain yang menujukkan mahasiswa aktif mengikuti dan mendengarkan materi pembelajaran yang sedang berlangsung.

Sementara itu, antusiasme juga diperlihatkan para dosen dan pimpinan dekanat fisip. Abd. Chalik Dekan Fisip Uinsa, bersemangat memimpin kegiatan coffe morning yang diadakan di Gedung Fisip. Menurutnya semua elemen civitas akademika harus memiliki niat untuk terus berkontribusi positif kepada Uinsa. Kontribusi positif ini misalnya dengan mulai hadir secara tepat waktu ke ruang kelas untuk memberikan arahan, perkenalan materi kepada mahasiswa sebelum proses kuliah berlangsung.

            Hari pertama, kedua dan ketiga kuliah dinilai cukup baik karena antusiasme mahasisawa dan semua proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Antusiasme dan pembelajaran yang seperti ini juga menjadi harapan untuk hari-hari berikutnya.