Berita
Foto: mahasiswa FAH beserta Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, Bapak Drs. Made Suryata

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, memberikan kesan baik kepada 17 mahasiswa magang yang mengikuti rangkaian kegiatan kerja dari setiap bidang yang ada di dinas tersebut. Program magang yang berlangsung selama empat bulan ini melibatkan mahasiswa dari berbagai prodi (Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah Peradaban Islam, serta Sastra Indonesia) dari Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Ampel Surabaya yang menunjukkan antusiasme dan dedikasi luar biasa dalam menjalani setiap tugas yang diberikan.

Selama masa magang di Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 5 di Kecamatan Sidoarjo ini para mahasiswa ditempatkan di berbagai bidang antara lain pengolahan, kearsipan, pembinaan, ruang baca anak, kesekretariatan, serta pelayanan atas dan bawah. Kegiatan magang ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis dan wawasan mendalam tentang operasional sehari-hari di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, Bapak Drs. Made Suryata, mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme dan kerja keras para mahasiswa magang. Beliau menyatakan, “Antusiasme yang ditunjukkan oleh para mahasiswa selama empat bulan ini benar-benar luar biasa. Hal ini sangat membanggakan dan menunjukkan bahwa generasi muda kita memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam pengembangan perpustakaan dan kearsipan”.

Dalam bidang pengolahan para mahasiswa belajar tentang proses pengelolaan buku dan bahan pustaka lainnya, termasuk katalogisasi dan klasifikasi. Di bidang kearsipan, mereka mempelajari cara penyimpanan dan pengelolaan arsip yang efektif dan efisien. Sementara itu, di bidang pembinaan, mahasiswa terlibat dalam kegiatan pembinaan literasi masyarakat dan pengembangan program-program perpustakaan.

Ruang baca anak menjadi salah satu bidang paling menarik bagi mahasiswa magang di mana mereka berinteraksi langsung dengan anak-anak dan membantu dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan yang mendukung minat baca anak-anak. Di bidang kesekretariatan mereka belajar tentang administrasi dan manajemen kantor sementara di bidang pelayanan mereka berperan aktif dalam melayani masyarakat yang datang ke perpustakaan. Salah satu mahasiswa magang, Novia, mengungkapkan pengalamannya selama mengikuti program ini. “Magang di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo memberikan kami banyak pengalaman berharga. Kami belajar banyak hal baru dan merasa lebih siap untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Terima kasih kepada seluruh staf dinas yang telah membimbing kami dengan sabar dan memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang”, kata Novia.