Berita

LPM UIN Sunan Ampel Surabaya telah menggelar Rapat Tinjauan Manajemen Berbasis ISO yang dilaksanakan pada Hari Senin, Tanggal, 24 Oktober 2022, bertempat di Ruang Rapat Lantai 9 Twin Towers A Kampus Ahmad Yani dengan rincian acara, pertama, Pembukaan oleh Ketua LPM, Dr, Ali Mustofa, M. Pd., kedua, sambutan oleh mewakili Manajemen Representative ISO oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan kelembagaaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.,  dan ketiga, pengarahan sekaligus membuka acara oleh Prof. Akh. Muzakki, Grad, DIpl. SEA, M. Phil, Ph.D., selaku Rektor dan Penangungjawab ISO.

Dalam sambutannya, disampaikan, “kualitas mutu satuan Pendidikan Tinggi tidak bisa lepas dari dua sisi mata uang, yakni satu sisi mutu bisa terjaga dan terjamin harus dilakukan secara sistemik, terencana, terukur dengan skema melalui audit mutu secara internal (AMI) dan itu menjadi kewajiban Lembaga, dan disisi lain audit mutu secara  eksternal (AME) juga harus menjadi kebutuhan, maka dengan demikian, makna mutu akan terus bermakna sebagai wujud continuous quality improvement”. RTM berbasis ISO yang diselenggarakan hari ini sebagai ejawantah pemenuhan akan jaminan mutu UINSA tersebut, pungkasnya. 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tinjauan manajemen pada status open dan close dari  tindak lanjut pemenuhan temuan surveillance ISO ke-1 tahun 2022. Pada kluster Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) dipandu oleh Ahmad Yusuf, M.Kom (selaku Sekretaris LPM), dan Wiga Alif Violando, MT (Pendamping ISO), sedangkan kluster Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) dipandu oleh Adi Damanhuri, M.Si (Koordinator Pendamping ISO),  dan untuk kluster Pascasarjana dipandu oleh Dr, H. Hadi Sucipto, MH (Wakil MR ISO dan Kepala Pusat Pengembangan Mutu Standar) Bersama Rizki Endis Septiyani, MA (Pendamping ISO). Dari tiga kluster tersebut diikuti oleh para auditi, pendamping ISO, MR yang berjumlah 98 orang dengan keterwakilan unsur yang meliputi, pimpinan universitas, manajemen LPM, Kepala Biro, Koordinator dan Sub Koordinator Bagian pada Biro AUPK dan AKKK, tim teknis penyusun dokumen Biro AUPK-AAKK, Wakil Direktur, Sub Koordinator TU Pascasarjana, Ketua dan Sekretaris Program Magister dan Doktor.

Lebih lanjut, pada sesi tinjauan ini memastikan keterpenuhan temuan yang bersifat mayor, minor dan improvement opportunity. Keterpenuhan dari tinjauan ini akan berdampak pada perubahan status setelah dilakukan verifikasi eksternal temuan surveillance ISO Tahun 2022 yang akan diselenggarakan pada hari Selasa, tanggal 25 Oktober 2022, bertempat di Lantai 9 Twin Towers A, yang akan dihadiri oleh auditor Eksternal PT Decra Indonesia, Sholichin A. Darmawan dan Yulius Untung.

RTM berbasis ISO ini merupakan rangkaian paket tahapan rencana tindak lanjut surveillance ke-1 tahun 2022 untuk  tiga (3) unit kerja yang meliputi Biro AUPK, Biro AAKK, dan Pascasarjana. Kegiatan ini memastikan status 3 unit kerja tersebut yang telah tersertifikasi ISO seri 9001:2015 & 21001:2008 tetap terjaga dan tidak mengalami status suspend  atau bahkan withdraw. Semoga aktivitas jaminan mutu  tata Kelola berbasisi ISO diatas sebagai bagian upaya memperkuat budaya mutu organisasi UINSA. (alto)