Berita
REVIEW PROFIL LULUSAN DAN DOKUMEN SPMI UINSA  DALAM MENYIAPKAN AKREDITASI INTERNASIONAL

Rangkaian kegiatan Kick Off & Executive Briefing Akreditasi Internasional pada hari kedua adalah overview dan desain kurikulum OBE untuk akreditasi internasional serta SPMI pada akreditasi internasional. Sesi III ini disampaikan tim pendamping BPM UNAIR, Novrys Suhardianto, SE., MSA., Ak., CA., Ph.D dan Dr. Yuniarti, S.H., M.H., LL.M. yang dipandu oleh Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu Akademik LPM, Dr. H. Mohammad Hadi Sucipto, LC., MHI. Tim pendamping membuka dengan pemaparan materi standar 3.12 Curriculum Overview (BAP).

Diawali dengan menentukan profil lulusan, prodi diminta langsung menyusun profil berdasarkan kurikulum yang sudah ada, menyederhanakan learning outcomes (LO) dan langsung direview oleh narasumber. Yang menggembirakan dari hasil review narasumber, profil lulusan yang sudah disusun sudah tepat (on track).

Pada sesi IV, Rektor, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. memberikan pengarahan kepada semua peserta tentang best practices agar pendampingan BPM UNAIR dijadikan “gizi” mutu guna meraih rekognisi internasional dan pencapaian visi UINSA.

Sesi berikutnya, dipaparkan dua narasumber Koordinator Bidang Audit dan Pengukuran BPM UNAIR, Dr. Yayuk Wahyuni, M.Si. dan Suciati, S.Si., M.Phil., Ph.D. tentang SPMI Akreditasi Internasional, dipandu oleh Sekretaris dan Kepala Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa LPM, Holilah, M.Si dan Ahmad Yusuf, M.Kom. Di sela-sela pemaparan materi, kedua narasumber mengeksplorasi setiap prodi terkait penjaminan mutu yang dilaksanakan di tingkat universitas, fakultas dan program studi dan memastikan adanya struktur organisasi penjaminan mutu. Di antara materi yang disampaikan adalah tentang pentingnya SPMI untuk akreditasi internasional, penguatan dan outline SPMI.

Poin-poin penting dalam SPMI adalah penjaminan mutu, dokumen mutu, evaluasi dan monitoring, pengukuran kepuasan/feedback, tracer study, tindakan perbaikan dan program-program peningkatan prodi dan dokumentasi.

Setelah paparan materi, dilanjutkan dengan RTL yang dipandu oleh Ketua LPM, Dr. Ali Mustofa, M.Pd.

Closing statement disampaikan oleh Ketua Senat Akademik Universitas, Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag, bahwa “Ini amanah yang sungguh mulia dan bapak/ibu terpilih untuk mendapat amanah mulia ini, mari kita curahkan dengan kemuliaan dan komitmen tulus untuk kampus yang kita cintai ini”. (MoHD)