Berita

@adminuinsa

Monday, 18 April 2022

REKTOR: RTM SEBAGAI REFLEKSI TERBAIK PERJALANAN LEMBAGA

UINSA Newsroom, Senin (18/04/2022); Agenda RTM-3 Tahun 2021, hari kedua dibuka dengan Sidang Pleno dari masing-masing bidang. 5 dari 10 pleno mengisi agenda kegiatan RTM-3 Tahun 2021. Sebagai penutup, pada RTM-3 Tahun 2021 diberikan penghargaan bagi fakultas/pascasarjana dan atau unit berprestasi tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan langsung Rektor UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A., Ph.D.

Dalam sambutan usai memberikan penghargaan, Rektor menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Keluarga Besar UINSA Surabaya. RTM-3 Tahun 2021, menurut Rektor, merupakan even yang sangat membahagiakan dan antusias, serta relatif konsisten.

Hal-hal yang telah disampaikan seluruh unit pada UINSA Surabaya terkait kendala dan rekomendasi diharapkan menjadi cerminan dari adanya keinginan kuat lembaga dalam upaya memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada. “Kita harus berjanji untuk menyempurnakan itu semuanya di tahun 2022 ini,” ujar Prof. Masdar.

Bersamaan dengan RTM dan pemberian penghargaan, imbuh Rektor, diharapkan pula dapat memberikan stimulus dan inovasi untuk terus dilakukan pembinaan-pembinaan. “Agar disaat-saat yang akan datang jangan sampai mengalami penurunan tetapi justru mengalami peningkatan,” imbuh Prof. Masdar. Termasuk, agar menjadi motivasi bagi unit-unit untuk terus meningkatkan prestasi dan kinerja. Khususnya pada bidang-bidang yang menjadi mata kejuaraan.

“Mudah-mudahan pelaksanaan RTM yang ketiga ini akan menjadi refleksi yang terbaik bagi perjalanan kita selama kurang lebih empat tahun,” lanjut Prof. Masdar.

Selain itu, RTM-3 Tahun 2021 juga menjadi upaya melihat realitas kinerja yang sesungguhnya dari lembaga. “Apakah kita ini bisa dikategorikan sebagai satu unit ataupun lembaga yang patut kita banggakan atau masih banyak hal yang perlu kita tingkatkan di saat-saat yang akan datang,” terang Prof. Masdar.

Rektor meyakini, bahwa gambaran tentang lembaga telah tercipta di benak masing-masih unit. Selanjutnya adalah bagaimana mengkomunikasikan gambaran tersebut kepada pimpinan agar dapat diberikan solusi terbaik.

Sebagai informasi, penghargaan yang diberikan pada kesempatan RTM-3 Tahun 2021 adalah Prestasi Adiktis antara lain: PTKI Duta UNESCO (Juara 1); PTKI Guru Besar Terbanyak (Juara 2); PTKI dengan Mahasiswa Peraih Medali PON XX terbanyak (Juara 2); PTKI dengan Jurnal terindeks Scopus terbanyak (Juara 3); PTKI dengan Mahasiswa berprestasi tingkat internasional (Juara 3); Satker terbaik dengan penilaian rekonsiliasi terbaik kategori pagu besar Tahun 2021 (Peringkat 1); Peringkat 1 Unirank di Lingkungan PTKIN; PT dengan webometric terbaik (Peringkat 4).

Penyerahan sertifikat ISO, antara lain: ISO Seri 9001:2015 scope layanan publik kepada Biro AAKK, AUPK, dan Pascasarjana; dan ISO Seri 21001:2018 scope manajemen perguruan tinggi kepada Pascasarjana.

Penghargaan Bidang Akademika, antara lain: Prodi dengan persentase DO terendah; Prodi lulusan tepat waktu terbanyak; Prodi yang memiliki HKI terbanyak 4 tahun terakhir; Prodi Keagamaan dengan peminat terbanyak; Prodi Umum dengan peminat terbanyak; Prodi Sarjana dengan prosentase daftar ulang terbanyak tahun 2021; Prodi Pascasarjana dengan prosentase daftar ulang terbanyak tahun 2021; Fakultas/Pascasarjana penyelenggara konferensi internasional terbanyak 4 tahun terakhir; Fakultas/Pascasarjana yang memiliki jurnal mahasiswa terbanyak; Fakultas/Pascasarjana yang memiliki jurnal terindeks SINTA terbaik dan terbanyak; Fakultas/Pascasarjana dengan jejaring kerjasama terbanyak; Fakultas/Pascasarjana dengan mahasiswa penghafal Qur’an 30 juz terbanyak; Fakultas/Pascasarjana dengan proses penerbitan dokumen ijazah tercepat; Program Studi Keagamaan dengan peringkat SINTA terbaik; Program Studi Umum dengan peringkat SINTA terbaik; Jurnal dengan manajemen web terbaik; Fakultas/Pascasarjana dengan pengelolaan web terbaik.

Penghargaan Bidang AUPK, antara lain: Indikator kinerja pelaksana anggaran unit kerja terbaik; Fakultas/Pascasarjana penyumbang PNBP non-UKT terbesar; Unit kerja dengan perencanaan terbaik 2021; Fakultas/Pascasarjana penyumbang dana infaq UPZ terbesar; Fakultas/Pascasarjana dengan indeks kepuasan pelanggan berdasarkan feedback mahasiswa terbaik; Fakultas/Pascasarjana dengan hasil audit internal terbaik; Unit kerja dengan temuan audit eksternal 2021 terminim.

Penghargaan Bidang Kemahasiswaan antara lain: Fakultas/Pascasarjana yang memiliki prestasi mahasiswa tingkat nasional terbanyak 4 tahun terakhir; dan Fakultas/Pascasarjana yang memiliki prestasi mahasiswa tingkat internasional terbanyak 4 tahun terakhir. (Nur-Alf/Humas)