Berita

Surabaya, 25 Januari 2023 – Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) UIN Sunan Ampel Surabaya resmi dibuka pada tanggal 23 Januari 2023 di Jambuwuluk Convention Hall & Resort Batu Malang. Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Rektor, Wakil Rektor, Kabiro AUPK dan AAKK, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala dan Sekretaris SPI, Ketua Lembaga, Sekretaris Lembaga, Kepala UPT Struktural dan Non Struktural, Ketua dan Sekretaris Prodi, Ketua dan sekretaris Jurusan, dan Kepala Laboratorium, dan terkonfirmasi hadir 273 peserta, untuk membahas capaian kinerja, resolusi rektor, serta upaya meningkatkan laboratorium dan skema MBKM guna mencapai rekognisi internasional.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. H. Ali Mudlofir, M. Ag, secara resmi membuka acara tersebut mewakili Bapak Rektor karena ada tugas dan kegiatan yang sangat penting dengan pidato pembukaan. Dalam sambutannya, Prof. Ali Mudlofir menyoroti pentingnya mengukur kinerja dan menetapkan resolusi yang dapat membawa UIN Sunan Ampel Surabaya menuju tingkat rekognisi internasional yang lebih tinggi.

Tema utama RTM tahun ini adalah “Performance Measurability 2023: Capaian Kinerja, Resolusi Rektor, Bridging Laboratories Skema MBKM Menuju Rekognisi Internasional.” Tema ini dipilih untuk menyoroti pencapaian kinerja universitas, resolusi yang akan diambil oleh rektor, serta upaya untuk menghubungkan laboratorium dengan skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) demi mencapai tingkat rekognisi internasional yang lebih tinggi.

Dalam rangkaian acara, hadir juga UPT Pusat Ma’had Al-Jami’ah, Prof. Saiful Jazil. Beliau menyoroti pentingnya integrasi antara pendidikan formal dan informal, yang menjadi fokus utama ma’had. Ia juga menekankan peran strategis ma’had dalam pembentukan karakter mahasiswa, pembinaan spiritual, dan penguatan akademik.

“Pusat Ma’had Al-Jami’ah bukan hanya sebagai tempat pembelajaran tambahan, tetapi sebagai bagian integral dari misi universitas dalam mencetak generasi yang unggul secara intelektual dan spiritual,” ujar Prof. Saiful Jazil.

Partisipasi aktif UPT Pusat Ma’had Al-Jami’ah dalam RTM menjadi bukti komitmen universitas dalam memastikan bahwa semua unit dan komponen universitas terlibat dalam proses perencanaan dan evaluasi kinerja. Sebagai bagian dari universitas, Pusat Ma’had Al-Jami’ah diharapkan dapat terus berperan aktif dalam mendukung pencapaian tujuan dan visi UIN Sunan Ampel Surabaya ke depannya. (Bahtiyar)