Berita
SMKN 1 Karanganyar, Kebumen Jawa Tengah, secara resmi menjalin kerjasama dengan Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada tanggal 10 September 2024. Kegiatan penandatanganan kerjasama ini dipimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr. M. Budiono, M.Pd.I, dan disambut hangat oleh perwakilan sekolah. Kepala SMKN 1 Karanganyar, Budiyanto, S.Pd., M.Eng., menjelaskan rencana strategis kerjasama ini dan diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) diantara kedua institusi. Kesepakatan ini mencakup pelaksanaan tes bahasa Arab yang akan diikuti oleh 21 siswa kelas 11. Tes tersebut merupakan bagian dari program sertifikasi yang bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan kompetensi berbahasa Arab para siswa.
Program sertifikasi ini merupakan bagian dari kegiatan sertifikasi mencakup tes bahasa Arab yang dirancang untuk mengukur kompetensi siswa dalam keterampilan berbahasa Arab secara menyeluruh. Melalui sertifikasi ini, siswa SMKN 1 Karanganyar akan mendapatkan sertifikasi yang diakui secara nasional. Program ini diharapkan mampu memberikan bekal yang memadai bagi para siswa untuk bersaing, baik di dunia akademik maupun profesional. Selain itu, kerjasama ini diharapkan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain, menunjukkan bahwa meskipun bukan madrasah, SMK juga dapat mengintegrasikan program sertifikasi bahasa Arab yang berkualitas tinggi.
Kerjasama ini menjadi langkah strategis bagi SMKN 1 Karanganyar dalam memperkuat kualitas pendidikan dan membuka peluang besar bagi siswa-siswinya. Selain meningkatkan kompetensi berbahasa Arab, program ini juga mendorong upaya internasionalisasi pendidikan di Indonesia. Diharapkan, program sertifikasi ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa secara individual, tetapi juga menjadi model dalam mengembangkan potensi generasi muda menghadapi tantangan global.
Selain SMKN 1 Karanganyar, Kebumen, SMKS MUHAMMADIYAH LEBAKSIU, Tegal Jawa Tengah juga telah menyepakati kerjasama penyelenggaraan sertifikasi Bahasa Arab dengan Pusat Pengembangan Bahasa UINSA. Ratusan siswa di sekolah tersebut saat ini sedang dilatih secara intensif untuk menghadapi uji sertifikasi keterampilan Bahasa Arab yang di laksanakan UINSA di akhir tahun ini. Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr. M. Budiono menambahkan bahwa Pusat Pengembangan Bahasa UINSA senantiasa membuka peluang kerjasama bidang bahasa Arab, Inggris maupun kegiatan BIPA dan berkomitmen memberikan layanan berkualitas di semua lini. Kegiatan sertifikasi bahasa Arab ini sudah mencapai SMK di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah serta Jawa Barat setelah sebelumnya SMK Mutia Mojokerto dan SMK di Bogor juga telah melaksanakan MOU dengan UINSA.  Secara umum rangkaian tes di 3 Provinsi akan mulai dilaksanakan secara berurutan pada bulan Oktober sampai dengan November 2024.