Berita

Pembukaan Kegiatan PPBA di UIN Sunan Ampel tahun ini diikuti 24 peserta dan pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya. Ke-24 peserta ini merupakan 23 dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri/ Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), satu orang dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Adapun dosen yang tergabung dalam program PPBA berasal dari UIN Walisongo Semarang 2 orang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1 orang, UIN KH Achmad Siddiq Jember 1 orang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten 1 orang, UIN Sunan Ampel Surabaya 2 orang, UIN Sayyid Rahmatullah Tulungagung 1 orang, UINSU Medan 1 orang, UIN Raden Intan Lampung 1 orang, UIN Maulana Malik Ibrahim 1 orang,  INKAFA 2 orang, IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk 1 orang, IAIN Kudus 1 orang, IAIN Curup 1 orang, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung 2 orang, IAI Hamzanwadi Lombok Timur 1 orang, IAIN Sultan Amai Gorontalo 1 orang, STAI Syaichona  Moch Cholil Bangkalan 1 orang, STAI Taswirul Afkar 2 orang dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan 1 orang.

Kegiatan pembukaan ini dimulai dengan sambutan Muhammad Budiono, M.Pd.I selaku Kepala Pusat Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, Budiono menyampaikan bahwa UIN Sunan Ampel Surabaya dipercaya Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menyelenggarakan program PPBA Bahasa Arab S3 dalam negeri tahun 2022. Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya.  Dalam sambutannya, Prof Akhmad Muzakki, Grad Dip SEA, MAg, M.Phil, Ph.D menyampaikan harapan kepada peserta Program PPBA S3 dalam negeri yang mendapat penempatan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan PPBA, Senin (26/12/2022) di gedung Self Access Centre UIN Sunan Ampel Surabaya. PPBA dijadwalkan akan berlangsung 26 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. “Bapak ibu harus mempersiapkan diri  dan melakukan dengan sebaik-baiknya seluruh program yang ada”, ujar Prof. Akhmad Muzakki. Grad Dip SEA, M,Ag, M Phil, Ph,D.

Materi kali tidak hanya terfokus pada penguatan materi Bahasa Arab namun juga materi Academic Writing, Budaya Timur Tengah, wawasan kebangsaan dan moderasi beragama. Agenda dilanjutkan dengan menyimak arahan dan Pembukaan yang disampaikan Kepala Subdirektorat Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Dalam arahannya, Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag menyampaikan bahwa peserta harus serius dan sungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian program ini. Program peningkatan SDM seperti ini harus dioptimalkan oleh peserta karena peserta adalah orang-orang terpilih dari 1000 kandidat yang mendaftar kegiatan PPBA. Agenda ditutup dengan orientasi Program PPBA di Ruang Pusat Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya dan pretest untuk memetakan kompetensi awal peserta PPBA.