Berita

Terselesaikannya dengan baik studi mahasiswa merupakan harapan banyak pihak, mulai dari mahasiswa, orang tua, maupun pihak kampus. Namun kenyataannya, dalam penyelesaian studi ada hal-hal yang membuat kelulusan mahasiswa tertunda, seperti kesibukan kerja, komunikasi yang kurang baik antara mahasiswa dengan dosen pembimbing, dan sebagainya. Oleh karena itu untuk mempercepat tingkat kelulusan mahasiswa tingkat akhir, maka FISIP mengadakan kegiatan pendampingan skripsi atau klinik skripsi untuk membantu mahasiswa agar dapat segera menyelesaikan studinya.

Kegiatan pendampingan dilakukan selama empat hari mulai hari Senin 26 Desember 2022 hingga 29 Desember 2022 pukul 08.30 hingga selesai di Gedung FISIP. Kegiatan diikuti sekitar 75 mahasiswa 3 prodi di FISIP dengan 22 dosen pembimbing. Masing-masing dosen pembimbing dengan mahasiswa bimbingannya dari prodi Hubungan Internasional, prodi Ilmu Politik dan prodi Sosiologi berkumpul dalam satu ruangan untuk membahas berbagai hal, termasuk progress report penulisan skripsi, sampai dimana penyusunan skripsi, apa saja kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa hingga solusi yang coba dicarikan oleh dosen pembimbing dan komitmen mahasiswa dalam hal waktu untuk penyelesaian studinya.

Dari kegiatan pendampingan mahasiswa tersebut, melalui dosen pembimbing diketahui mendapatkan hasil yang positif, antara lain beberapa mahasiswa akan segera melakukan ujian skripsi, lalu beberapa mahasiswa lain akan segera melakukan ujian proposal skripsi, serta yang lain juga menghasilkan kemajuan penulisan bab-bab skripsi sehingga bisa segera melakukan ujian akhir. Pada tahap akhir kegiatan ini akan dilakukan evaluasi oleh pimpinan FISIP untuk perbaikan kegiatan pendampingan penyusunan skripsi mahasiswa tingkat akhir selanjutnya. (va)