Berita

“PSIKOLOGI OLAHRAGA FOR BEGINNER” HADIR SEBAGAI MOTIVASI DALAM ORIENTASI KEPRODIAN PSIKOLOGI

Gunung Anyar, Surabaya – Senin (20/03/2023) Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA telah melaksanakan Orientasi Keprodian yang dimulai pukul 13.15 WIB. Kegiatan dibuka dengan registrasi dan absensi oleh mahasiswa dan mahasiswi semester 2.

Psikologi for Beginner: Pengaruh Mental Atlet dalam Prestasi Olahraga diangkat sebagai tema kegiatan ini. Orientasi keprodian yang dilaksanakan di Auditorium lantai 2 FPK dimulai tepat pukul 13.30 WIB oleh Lucky Abrory, M.Psi., Psikolog selaku moderator.

Iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne UINSA sebagai pembangkit semangat mahasiswa untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si selaku Wakil Dekan I menyampaikan sambutan sebelum pemaparan materi. “Harapan kami kegiatan ini dapat menjadi inspiring mahasiswa semester 2. Bahwa psikologi olahraga menarik dan dapat membawa manfaat. Diharapkan dapat menyelami seluruh rangkatan kegiatan orientasi keprodian ini,” tutur Wakil Dekan I.

Dr. Rachman Widohardhono, M.Psi., Psikolog yang hadir sebagai pemateri mengiprahkan Sport Psychologist dan Mental Coach yang sudah mengudara sampai jenjang Internasional. Tak lupa beliau memaparkan bahwa aspek mental penting dalam kesuksesan performa atlet untuk meraih prestasi olahraga.

Prestasi olahraga yang diperoleh atlet ditentukan oleh performa ketika bertanding. Performa tersebut dipengaruhi oleh empat aspek, yaitu: fisik, teknik, taktik, dan mental. Dalam psikologi olahraga terdapat beberapa kajian penting diantaranya Sport Psychology, Social Psychology of Sport, Motor Learning, Motor Development, dan Motor Control.

Pelaksanaan Mental Training diberikan dalam bentuk periodisasi sesuai tingkat kebutuhan atlet masing-masing. Periode I (persiapan umum) yaitu interpersonal, tujuan dan komitmen, motivasi dan daya juang, serta sikap positif. Periode II (persiapan khusus) yaitu mental imagery dan self-talk. Periode III (pra-kompetisi) yaitu fokus, manajemen emosi, dan manajemen stres.

Setelah seluruh materi dipaparkan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa mahasiswa antusias dengan memberikan pendapat dan pertanyaan ke pemateri. Di penghujung acara, tak lupa dari pihak FPK UINSA yang diwakili oleh Lucky Abrory, M.Psi., Psikolog memberikan cidera mata kepada Dr. Rachman Widohardhono, M.Psi., Psikolog.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri, moderator, dan para mahasiswa. Seluruh rangkaian Orientasi Keprodian selesai tepat pukul 15.45 WIB. “Excelent is not an act, but a habit” sebagai booster semangat di pungkasan kegiatan. (ODR)