Berita

Minggu kedua dalam proses menjalani MBKM di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya, empat mahasiswa Prodi Sosiologi FISIP UINSA aktif berkontribusi  dan sekaligus memperdalaman pengalaman lapangan di bidang riset yang menjadi salah satu profil lulusan prodi yaitu menjadi peneliti muda dan konsultan di bidang sosial. Mahasiswa terlibat langsung dengan tim dari Bappedalitbang turun lapangan dalam rangka memaksimalkan program pemerintah kota di daerah Babadan Wiyung pada hari Rabu hingga Kamis, 21-22 Februari 2024. Hasil survei kemudian dibawa kedalam forum yang memberikan gambaran yang mendalam tentang komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Babadan Wiyung. Infomasi ini menjadi landasan bagi pemerintah dalam merancang kebijakan publik, mengalokasikan sumber daya dan menangani masalah sosial.

Mahasiswa juga terlibat aktif dalam program pemerintah kota berupa Inovasi Surabaya atau “Inovboyo” tahun 2024, karena pembangunan kota di era modern harus ditunjang kekuatan rancangan pembangunan beserta solusi penyelesasian masalah di lapangan. Ada tiga kategori yang diperlombakan yaitu pertama bidang digital yang meliputi teknologi berbasis website, Mobile Apps, Big data, Internet of Things (IoT), Artificial intelligence (AI) dan Virtual Reality (VR). Kedua bidang inovasi dan invensi perekonomian dan ketiga terkait teknologi non ekonomi. Semua produk inovasi itu harus mengandung pembaruan seluruh atau sebagian unsur dari inovasi dan harus memberi manfaat bagi masyarakat, artinya tidak boleh membebankan kepada mereka.

Program kegiatan yang diluncurkan oleh pemerintah kota Surabaya itu memberi peluang besar bagi mahasiswa untuk mendalami proses community development dengan mengidentifikasi dan menganalisis keterlibatan masyarakat kota Surabaya dalam berkontribusi membangun kota. Pada konteks ini mahasiwa bisa melakukan dua aktivitas sekaligus yaitu selain melaksanakan tugas akademik MBKM, mahasiswa juga bisa menjadikan Program “Inovboyo” sebagai inspirasi untuk mendalami berbagai tema riset yang sudah dirancang, di antaranya Program Inovboyo sebagai wadah partisipasi masyarakat dalam inovasi kota Surabaya. Program Inovboyo sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan Smart City yang nantinya akan memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan dan sustainability kebijakan kota Surabaya.  (AT)