Berita

FDK UINSA NEWSROOM – Rabu (30/08) Program studi (Prodi) PMI FDK UINsa menggelar seminar nasional dan rapat kerja perkumpulan Prodi Pengembangan Masyarakat Islam di Hotel Yello Surabaya.

Acara yang digelar selama tiga hari, 29-31 Agustus 2023 diikuti oleh pengelola prodi PMI se-PTKIN (Perguruan Tinggi Keagaaman Islam Negeri) dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) se-Indonesia. Hadir dalam acara itu juga Rektor UINSA, Walikota Surabaya yang diwakili oleh Staf Khusus Walikota di bidang Kemasyarakatan Dan  Sumber Daya, Lembaga Swadaya Masyarakat, para Korporasi di Jawa Timur : Petrokimia dan Semen Gresik

Dalam sambutannya ketua PMI, Dr.  Akhmad Rozaqi menyampaikan perlunya PMI berbenah menjawab tantangan masyarakat dengan cara yang lebih cerdas dan kreatif.

Sementara itu, Rektor UINSA Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad menyampaikan pesan kepada peserta seminar dan rapat kerja P2MI “Salah satu tanda orang terdidik adalah kemampuan membaca isyarat”.

Menurutnya prodi PMI akan menjadi luar biasa jika mampu membaca isyarat-isyarat perubahan sosial yang disebut sebagai “Predicting Power” tanpa kemampuan hal itu prodi PMI akan ditinggalkan oleh Masyarakat. Tidak hanya itu saja dengan memiliki kemampuan dalam memprediksi nantinya dapat mengetahui selera masyarakat. Memahami bahwa masyarakat ini memiliki pandangan dan keinginan perubahan di lingkungan mereka, sehingga mereka juga dapat berkontribusi dengan adanya gerakan-gerakan yang perubahan.

Namun, hal ini tentunya harus diselingi dengan Knowledge Management yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki dapat ditata agar teorganisir sehingga kinerjanya lebih efisien dan optimal.

Syifa’ Yahyania Awim Tasya