Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bersama International Office UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar kegiatan UINSA Culture Immersion (Harmony and Heritage Tracing The Islamic Tapestry of East Java), pada Rabu (30/08/2023). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh mahasiswa UNISZA Malaysia, mahasiswa asing yang berasal dari Thailand, serta mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang tergabung dalam Student Mobility Malaysia 2023.

Kegiatan diawali dengan pembukaan di Ruang al-Ghozali, Lt. 7, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, Dr H Muhammad Lathoif Ghozali MA selaku wakil dekan bidang akademik dan kelembagaan mengemukakan rasa bangganya terkait kolaborasi antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan International Office UIN Sunan Ampel Surabaya. “Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan International Office dalam rangka kegiatan kali ini. Nantinya kita sama-sama akan belajar banyak mengenai sejarah Sunan Giri yang ada di Gresik dan Sunan Ampel di Surabaya.” Ujar Lathoif.

Selanjutnya disajikan sekilas gambaran mengenai sejarah Sunan Giri dan Sunan Ampel yang dijelaskan Ibu Ajeng Tita Nawangsari, MA dan Ibu Ashari Lintang Yudhanti MAk selaku dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada sesi ini, peserta diberikan insight mengenai Sunan Giri dan Sunan Ampel, terutama mengenai sejarah dan silsilahnya. Setelah diberikan pembekalan secara singkat, peserta menuju ke destinasi wisata religi makam sunan giri dan wisata religi makam sunan ampel menggunakan Bus. Setiba di lokasi wisata religi, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama yang dilakukan disekitar makam. Selain itu, peserta turut diberikan wawasan mengenai persebaran agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Giri dan Sunan Ampel daerah Jawa yang dipandu oleh Dr H Muhammad Lathoif Ghozali MA.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan adanya free time, yang membebaskan peserta untuk mengeksplor segala yang ada dalam kawasan wisata religi. Mahasiswa asing yang ingin berbelanja namun belum mahir berbahasa Indonesia, mereka didampingi oleh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai guide. Setelah menikmati belanja untuk buah tangan dan cinderamata, kegiatan diakhiri dengan perjalanan kembali menuju UIN Sunan Ampel Surabaya. [SFRR]