Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Wednesday, 17 August 2022

PIMPIN UPACARA HUT RI KE-77, REKTOR PESAN AGAR MEMAKNAI KEMERDEKAAN DENGAN PRESTASI

UINSA Newsroom, Rabu (17/08/2022); Upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia resmi diselenggarakan pada Rabu, 17 Agustus 2022 di Halaman Gedung Twin Towers UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Upacara ini digelar terbatas untuk jajaran pimpinan universitas, Fakultas/Unit, serta perwakilan JFU. Turut diundang dalam kesempatan ini, Kontingen UINSA Surabaya untuk Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Dalam kesempatan ini, Rektor menyampaikan pidato Presiden RI yang disampaikan pada sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Dalam pidatonya, Presiden menyoroti tentang krisis kesehatan serta perekonomian dunia akibat Pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih. Kendati itu, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan Pandemi dan tercatat sebagai lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak sekitar 432 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan. Serta inflasi yang berhasil dikendalikan di kisaran 4,9%.

Indonesia, menurut Presiden, memiliki sedikitnya empat kekuatan besar. Pertama, kemampuan mengelola pandemi dan agenda-agenda besar lainnya. Kedua, Sumber daya alam yang melimpah. Ketiga, bonus demografi. Keempat, kepercayaan internasional yang meningkat tajam. “Dengan kekuatan dan peluang besar tersebut, kita mempunyai kesempatan besar untuk membangun Indonesia yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan,” ujar Prof. Muzakki membacakan sambutan.

Usai upacara, Rektor secara simbolis juga menyerahkan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya untuk kategori 10, 20, dan 30 tahun. Diberikan pula, Keputusan Menteri Agama Nomor: 01739/12018/AV/06/22 Tentang Pemberhentian dan Pemberian Pensiun Pegawai Negeri Sipil yang mencapai Batas Usia Pensiun, dan Keputusan Menteri Agama tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil Periode April 2022.

Hadir secara Simbolis untuk Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya kategori 10 tahun, Yuli Anggraini, S.Pd., M.A./Penata Tk.I/Penyusun Laporan Hasil Audit pada Satuan Pemeriksa Internal UIN Sunan Ampel Surabaya; 20 tahun, Dr. Hisbullah Huda, M.Ag./Lektor pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan; 30 tahun, Dr. Drs. Agus Aditoni, M.Ag./Lektor Kepala pada Fakultas Adab dan Humaniora.

Sementara itu, Pegawai Negeri Sipil yang mencapai Batas Usia Pensiun, Prof. Dr. Ali Mufrodi, M.A., Pembina Utama IV/e TMT 1 Juli 2022; dan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil Periode April 2022, Herlina Tauwe, S.E., Penata Tk. I (III/D) pada Bagian Keuangan dan Akuntansi Biro AUPK UINSA Surabaya.

Tak ketinggalan, dalam kesempatan ini, Rektor juga menerima secara simbolis Plakat Juara Umum II PESONA 1 PTKN 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. Selanjutnya, Rektor juga melakukan Penyerahan Reward Secara Simbolis kepada para pemenang lomba pada PESONA I PTKN 2022 yang diwakili Mukhammad Khasbiyash Shiddiqi, atlet Futsal; dan Nabila Putri Arsyillah, dari cabang Bulutangkis.

Rektor menegaskan, bahwa kemerdekaan Indonesia ke-77 harus diterjemahkan menjadi kampus merdeka, pejabat merdeka, dan pribadi merdeka. Sejak dilantik, Rektor menggaungkan ideologi penting bagi para pejabat, bahwa yang menjabat di UINSA Surabaya bukan karena titipan tapi karena prestasi. Sehingga menjadi pejabat di UINSA Surabaya harus menjadi pejabat yang merdeka dalam regulasi dan kinerja.

Kepada para kontingen, Rektor juga berpesan agar prestasi ini menjadi pemantik semangat untuk berprestasi yang lebih banyak lagi di masa mendatang. “Saya, atas nama tim manajemen di UIN Sunan Ampel Surabaya ijinkan kami mengucapkan terima kasih kepada para pelatih yang telah mendampingi anak-anak kami,” ujar Prof. Muzakki mengapresiasi.

“Mari kita bangun prestasi, karena UINSA adalah prestasi, Prestasi adalah UINSA,” tukas Prof. Muzakki menambahkan. (All/Humas)