Berita

UIN Sunan Ampel Surabaya

Wednesday, 17 August 2022

BESOK, UINSA GELAR SOFT LAUNCHING GEDUNG TERPADU KAMPUS GUNUNGANYAR

UINSA Newsroom, Rabu (17/08/2022); Kontrak tiga tahun penyelesaian pembangunan Gedung Kampus Gununganyar telah usai. Hal ini ditandai dengan soft launching beberapa gedung yang telah selesai dibangun. Kamis, 18 Agustus 2022, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pun berencana menggelar soft launching untuk Gedung Terpadu.

“Soft launching besok itu untuk Gedung Terpadu saja. Yang 4 lainnya sudah di Soft Launching beberapa waktu lalu. Ini sekaligus menandai masa kontrak selama 3 tahun 2020-2022,” ujar  Project Implementation Unit (PIU) sekaligus PPK Pembangunan Kampus Gununganyar UINSA, Dr. H. Achmad Zaini, M.A.

Dijelaskan Dr. Zaini, bahwa Kampus UINSA Gununganyar terdiri dari 5 Gedung. Yakni Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP); Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK); Laboratorium Saintek; Laboratorium Agama; Gedung Terpadu yang meliputi Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Perpustakaan, dan Rektorat; serta Infrastruktur pendukung seperti jalan, area parkir, dan solar panel. “Di Gedung Terpadu juga ada kelas pembelajaran dan laboratorium,” imbuh Dr. Zaini.

Selain itu, disampaikan Dr. Zaini, bahwa kegiatan Soft Launching akan dihadiri Jajaran Pimpinan UINSA Surabaya mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Biro, Dekan, Direktur Pascasarjana, Kepala Lembaga, Kepala Pusat, dan lain-lain. Turut diundang dalam kesempatan ini, GM Adhi Karya (Kontraktor), Kepala Cabang Virama Karya (Pengawas Pembangunan), Direktur PT Patroon selaku perencana, serta Project Management Unit (PMU) Jakarta.”

“Untuk rencana Launching/Grand Launching masih dikoordinasikan oleh PMU, bersama 5 PTKIN lainnya. Diperkirakan Bulan Desember sekaligus Closing Project SBSN 6in1,” terang Dr. Zaini.

Disampaikan Dr. Zaini, bahwa Kampus Gununganayar memiliki beberapa keunggulan, antara lain: Gedung modern dengan akses wifi di seluruh kawasan untuk menunjang proses pembelajaran dan riset; Kelas dan Laboratorium yang terpadu; Kelengkapan laboratorium yang menunjang proses pembelajaran dan penelitian yang bermutu; juga Lokasi yang strategis dan kemudahan akses menuju kampus.

Soft-launching menjadi pertanda selesainya pembangunan sesuai dengan tahapan pembangunan sekaligus dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk proses pembelajaran,” tambah Dr. Zaini.

Dosen pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA Surabaya ini juga menyampaikan harapan, agar gedung dan semua fasilitas yang tersedia baik furniture dan equipment yang ada dapat digunakan sebaik-baiknya untuk proses pembelajaran. Sekaligus berpesan, kepada segenap warga kampus UINSA untuk ikut serta menjaga dan merawat dengan sebaik-baiknya semua yang sudah dibangun dengan pembiayaan SBSN tersebut. “Ini milik kita bersama, mari kita jaga bersama, untuk kepentingan bersama,” tukas Dr. Zaini penuh harap. (Nur/Humas)