Berita

FDK UINSA NEWSROOM, Kamis (04/05/2023); Bangga mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah AICIS ke-22 membuat UINSA melakukan segala persiapan agar pagelaran AICIS berjalan dengan lancar dan memukau, dilihat dari pembukaan yang telah berjalan dengan lancar dan meriah. Salah satunya, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UINSA, yang turut serta dalam suksesnya gelaran AICIS 2023.

PSM UINSA membawakan sejumlah lagu pada saat pembukaan AICIS, PSM UINSA juga mempersiapkan lagu baru untuk memeriahkan acara penutupan. Sebagaimana dikonfirmasi oleh Zulham selaku Ketua Umum PSM UINSA menjelaskan lagu yang dibawakan ini menjadi tantangan bagi anggota paduan suara dari Pimpinan UINSA.

“Kami sangat antusias dengan acara ini, dengan bukti kami mampu membawakan lagu yang diminta langsung oleh pimpinan kampus UINSA yang merupakan lagu baru dan menjadi tantangan tersendiri bagi teman-teman PSM”

Zulham menjelaskan, keterlibatan PSM UINSA dalam penutupan baru diketahui setelah acara pembukaan berlangsung, setelah dipastikan bahwa PSM akan ikut memeriahkan penutupan AICIS, dari pihak PSM langsung koordinasi dengan pihak event organizer, walau belum mendapat jawaban sampai H-1 acara penutupan, PSM uinsa telah mengantisipasi dengan menyiapkan beberapa lagu.

“Walau belum mendapat jawaban dari pihak event organizer sampai saat ini, namun yang pasti kami mempersiapkan lagu-lagu formal seperti Indonesia Raya, Hymne AICIS, Bagimu Negeri dan beberapa lagu lainnya” terangnya.

Tak seperti proses pembukaan yang dilaksanakan di gedung Sport Center UINSA, penutupan pagelaran AICIS kali ini akan dilaksanakan di Gedung Auditorium, tepat di depan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA. Meski dilaksanakan di tempat yang berbeda, seluruh elemen yang terlibat dalam memeriahkan malam penutupan akan tetap melaksanakan tugas mereka dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Acara penutupan yang dijadwalkan dimulai pada Kamis (04/05/2023) pukul 16:30 WIB ini membuat teman-teman PSM hanya memiliki waktu 2 hari untuk beristirahat sekaligus mempersiapkan stamina nya untuk memeriahkan acara penutupan AICIS. Meski dengan waktu yang tergolong singkat, salah satu UKM kebanggaan UINSA ini tetap bisa menyempatkan waktu untuk mempersiapkan acara penutupan dengan melaksanakan latihan beberapa jam sebelum acara penutupan dilaksanakan.

M. Amin Lubis selaku pelatih menuturkan bahwa bukan pertama kalinnya teman-teman PSM mempersiapkan agenda besar seperti  AICIS, saat ditemui di Gedung SAC UINSA beliau menjelaskan bahwa tidak ada kendala yang dihadapi teman-teman PSM dan beliau berharap tidak akan menemui kendala sampai acara penutupan AICIS selesai. Beliau juga menambahkan bahwa dengan waktu yang sangat sedikit ini, teman-teman PSM memaksimalkan latihan Blocking, pelafalan, pernafasan, artikulasi dan lagu-lagu.

“Sampai saat ini tidak ada kendala, teman-teman PSM menjalankan setiap kegiatan dengan hati yang ikhlas dan legowo, mereka senang ketika berlatih, mereka enjoy, menjalankannya ikhlas, mungkin itu yang menjadi kekuatan kami untuk menjalankan segala bentuk kegiatan yang dipercayakan pada kami” ujar Amin kala diwawancarai.

Amin menambahkan, sebuah tanggung jawab yang besar untuk menampilkan penampilan yang maksimal, maka diperlukan persiapan yang matang juga.

“Sebuah tim seni, termasuk paduan suara, kalau tanpa ada persiapan ibarat naik panggung tanpa persiapan, turun panggung tanpa penghormatan” tuturnya.

(Siti Lestari dan Maulidina Afifatun Nisa)