Berita
Perpustakaan UINSA menghadiri Rapat Koordinasi Pelestarian Naskah Kuno dan Peluncuran Aplikasi KHAS JATIM

Rabu, 16 November 2022 Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pelestarian Naskah Kuno dan Peluncuran Platform Digital KHAS JATIM yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Provinsi Jawa Timur di Hotel Wyndham Surabaya. Acara ini merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan khususnya tentang pelestarian kekayaan khasanah budaya bangsa berupa naskah kuno. Hadir secara langsung Kepala Perpustakaan UINSA, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. dengan didampingi sekretaris, Hary Supriyatno, S.Ag., M.Pd. Acara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, staf ahli gubernur Jatim bidang kemasyarakatan dan SDM, kepala Disperpusip Kabupaten/Kota seluruh Jawa Timur, praktisi pelestarian naskah kuno dan akademi.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan Nasional RI, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Disperpusip Provinsi Jawa Timur, Ir. Tiat S. Suwardi, MSi. yang menyatakan bahwa kegiatan Rakor Pelestarian Naskah Kuno dan Peluncuran aplikasi KHAS Jatim adalah upaya untuk mengenalkan karya intelektual para leluhur kepada masyarakat luas. Untuk itu, naskah kuno harus dilestarikan dan dibuat grand design sekaligus rancangan peraturan gubernur agar bisa dijadikan acuan dinas perpustakaan di kabupaten/kota.

Rakor Pelestarian Naskah Kuno dan Peluncuran Platform Digital KHAS JATIM secara resmi dibuka oleh Dr. Akhmad Jazuli, SH., M.Si. (Staf Ahli Gubernur Jatim Bidang Kemasyarakatan dan SDM) dengan diawali sambutan. Akhmad Jazuli mengingatkan pentingnya naskah kuno sebagai local wisdom yang harus dilestarikan dan diberikan tempat layak. Salah satu penghargaan kepada naskah kuno adalah pelestarian dalam bentuk digitalisasi yang meliputi alih media, alih bahasa, maupun alih aksara.

Kegiatan semakin semarak dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Jawa Timur dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya. Adapun poin penting kerjasama diantaranya adalah pemanfaatan bersama pelayanan koleksi, pengembangan sumber daya manusia dan kolaborasi layanan bimbingan literasi.

Rakor Pelestarian Naskah Kuno dan Peluncuran Platform Digital KHAS JATIM terasa semakin lengkap dengan adanya pameran koleksi digital naskah kuno dan pemaparan materi oleh narasumber dan diskusi terkait pelestarian naskah kuno.  Dua narasumber yang hadir yakni, Agung Kriswanto, S.S., M.Hum. dari Perpustakaan Nasional RI dengan materi Pengelolaan Naskah Nusantara di Perpustakaan Nasional dan Dr. Rusdianto Sesung, S.H.,M.H. menyampaikan materi bertema Rancangan Peraturan Gubernur Jawa Timur tentang Pelestarian Naskah Kuno. (HS)