Berita

Merangkai penutupan bulan kesebelas tahun 2022, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya kembali menyelenggarakan kegiatan rutin bulanan Research Discussion Forum (RDF) pada Kamis (24/11). Dengan mengusung topik “Exploring Intercultural Sensitivity of Vietamese and Indonesian EFL Students”, RDF kali ini melibatkan kolaborasi pembicara antara dosen PBI UIN Sunan Ampel Surabaya, Fitriah, Ph.D dan dua dosen dari Hanoi University Vietnam, Vinh Nguyen, Ph.D dan Giang Nguyen, Ph.D, yang membagikan hasil penelitian kolaborasi antara ketiganya. Sebelumnya RDF PBI telah dua kali berkolaborasi melibatkan dosen dari Perguruan Tinggi lain untuk berbagi penelitiannya.

Kegiatan RDF diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag sebelum kemudian masuk pada pemaparan penelitian yang dilakukan oleh ketiga narasumber.

Dr. Fitriah, Dr. Giang Nguyen dan Dr. Vinh Nguyen secara bergantian mengekspose penelitian mereka mulai dari latar belakang mengapa penelitian itu dilakukan hingga hasil penelitian yang diperoleh dan dianalisa. Selain scope yang melibatkan dua negara, hal lain yang dibagikan adalah proses bagaimana mereka melakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif.

Berbagai pertanyaan dari peserta RDF yang hadir menjadi diskusi yang dinamis dan interaktif setelah sesi pemaparan. Poin-poin dominan termasuk intercultural awareness dalam pengajaran menjadi subtopik yang hangat dalam diskusi. Berbagi pengalaman dan juga sejumlah saran diberikan oleh narasumber pada diskusi yang membuat RDF kali ini benar-benar memberikan wawasan lebih global pada peserta yang hadir. Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan menjadi langkah baru RDF kolaboratif tidak hanya terbatas untuk internal saja tetapi bisa lebih luas dalam perlibatan narasumber dengan manfaat yang lebih luas.