Berita

UINSA Newsroom, Kamis (03/07/2024); Dalam rangka penguatan materi branding kampus, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melalui Bidang Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas (KKH) menggelar Pelatihan Praktis: “Teknik Editing Video Efektif dengan CapCut untuk Promosi Kampus.” Kegiatan ini digelar di Hall Lt. 5 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo pada Kamis, 04 Juli 2024.

Dalam pelatihan praktis ini, para peserta yang diundang merupakan tenaga pengelola media pada Fakultas/Pascasarjana. Terdiri dari 8 orang mahasiswa, 1 Pendamping dari unsur Tenaga Pendidik, dan 1 Pendamping dari unsur Tenaga Kependidikan.

Hadir dalam pembukaan kegiatan Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., didampingi para Wakil Rektor  serta Kabiro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama (AAKK).

Kabiro AAKK, Dr. H. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag., dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka penguatan branding perguruan tinggi dengan memaksimalkan pemakaian media sosial. “Hampir di semua fakultas/pascasarjana memiliki akun media sosial yang itu kita jadikan sebagai kekuatan. Kita perkuat lagi kontennya,” ujar Dr. Mamat.

Melalui pelatihan ini, lanjut Kabiro AAKK, diharapkan agar ada keseragaman langkah dalam proses sosialisasi dan promosi kampus UINSA Surabaya dengan tetap mengoptimalkan destinasi di masing-masing fakultas/pascasarjana.

Sementara itu, Rektor UINSA yang dalam hal ini diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag.,  menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu memancing civitas akademika untuk menjadi pegiat media pada fakultas/pascasarjana. Terutama mahasiswa yang merupakan ‘pasukan’ terbanyak di kampus.

“Kalau jari-jari mahasiswa ini diberdayakan,  membuat video-video pendek dalam rangka promosi kampus tentu sangat strategis sekali peran mahasiswa ini,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Menurut Wakil Rektor, pembuatan video pendek untuk promosi kampus, bukan hanya tentang entertainment. Tapi lebih dari itu, video pendek mampu menjadi sarana promosi bahkan dakwah. “Acara ini adalah bagian dari bagaimana kita mengimbangi, membuat balance informasi negatif dan positif, antara amar ma’ruf dan nahi mungkar,” imbuh Prof. Ali Mudlofir.

Kegiatan pelatihan yang digelar selama sehari ini menghadirkan narasumber dari StillUp Academy. Hadir sebagai narasumber yakni Yura Bachtiar Abdul Chayyi Purwono,yang menyampaikan materi terkait, ‘Teknik Editing Video Efektif Dengan Capcut Untuk Promosi Kampus.’ pada sesi kedua para peserta juga diajak berlatih secara langsung penggunaan CapCut untuk editing, dalam sesi praktek dengan tema, ‘Seni editing video dengan Aplikasi CapCut’ bersama Muhammad Fajar Ashodiq. Kegiatan dipandu langsung moderator, Ima Nurul Islamiyah dari Tim StillUp Academy. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian