Berita

PERKENALKAN INOVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, DOSEN FTK MENGAJAR DI SIKL MALAYSIA

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang direpresentasikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag dan Kepala Laboratorium Dr. Taufik, M.Pd.I mengajar di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia. Keduanya memperkenalkan inovasi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Inovasi yang digagas olehnya antara lain mengenai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk belajar bahasa Arab khususnya untuk pemula yang dinamai MLATS (Multi-Language Automatic Translation System) Arabics. Media ini dikembangkan berbasis website. Inovasi yang ditekankan pada media pembelajaran bahasa Arab ini dalam bentuk aplikasi dengan menggunakan multi lingual traslation (translasi beberapa bahasa) untuk mempermudah penggunanya memahami bahasa Arab.

Sejak berdiri pada tanggal 10 Juli 1969, SIKL konsisten berkiprah memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Indonesia di Malaysia yang mengacu pada dasar pendidikan nasional. Tak kalah pentingnya, bahwa sekolah Indonesia mengemban peran ganda dalam melestarikan dan mempromosikan budaya Indonesia di tengah masyarakat Malaysia, bahkan kepada masyarakat negara-negara sahabat. Sebagai upaya mengimbangi pesatnya perkembangan dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan serta arus globalisasi dan modernisasi, sekolah yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur ini, senantiasa mengejar prestasi dan kualitas pendidikan, mulai dari tenaga pendidikan dan kependidikan, sarana, output, serta segala komponen penunjang jalannya kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah untuk semua jenjang pendidikan yaitu tingkat SD, SMP, dan SMA.

Malaysia menjadi salah satu negara d Asia Tenggara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Selain itu Malaysia juga multi etnis. Sehingga menjadi suatu kebutuhan untuk masyarakat khususnya peserta didik disana untuk menguasai dasar-dasar bahasa Arab. Oleh karena itu, aplikasi  MLATS Arabics sebagai inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab diperkenalkan kepada siswa-siswa di SIKL. Kepala SIKL Friny Napasti, S.Pd, M.Pd menyambut dengan tangan terbuka hadirnya MLATS Arabics untuk diajarkan disekolahnya.