Berita

KEMBANGKAN APLIKASI MLATS ARABICS, TIM PENELITI UINSA DESIMINASI KE KUALA LUMPUR MALAYSIA

Tim peneliti UIN Sunan Ampel Surabaya yang terdiri dari Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag, Dr. Taufik, M.Pd.I, dan Achmad teguh Wibowo, MT berkolaborasi dengan Arif Bramantoro, M.AT, Ph.D dari Universiti Teknologi Brunei (UTB) Brunei Darussalam mengembangkan aplikasi MLATS (Multi-Language Automatic Translation System) Arabics. Sistem yang diperuntukan bagi pembelajar pemula bahasa Arab ini diujicoba di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam sebagai representasi dari masyarakat muslim terbesar di Asia Tenggara.

Pada hari Senin 13 Februari 2023, tim UINSA yang diwakili Prof. Dr. Hj. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag dan Dr. Taufik, M.Pd.I mendesiminasikan aplikasi MLATS Arabics tersebut di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Aplikasi berbasis web ini memudahkan pembelajar pemula yang ingin belajar bahasa Arab dengan mudah dengan empat langkah belajar dan multi lingual auto translation sistem. Bahasa translasi yang disediakan meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Melayu.

Pada aplikasi ini pembelajar bisa belajar tentang kata ganti komunikatif, kata tanya, perubahan kata kerja sesuai dengan kata ganti  dan kosa kata integratif. Dalam aplikasi juga disediakan evaluasi untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan pembelajar pemula mempelajari bahasa Arab dengan bantuan aplikasi MLATS Arabics. Harapannya dengan adanya aplikasi MLATS Arabics semua orang bisa belajar bahasa Arab dengan mudah.