Berita

PERCEPAT MASA TUNGGU LULUSAN, UINSA BEKALI CALON WISUDAWAN

UINSA Newsroom, Rabu (31/01/2024); Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Pembekalan Wisuda angkatan 105-106 pada Selasa, 30 Januari 2024. Bertempat di Gedung Auditorium Kampus UINSA A. Yani, Pembekalan ini dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., didampingi Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Dr. H. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag.

Selain itu, hadir selaku narasumber pembekalan, Psikolog dari Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur, Puspo Nuraini Tri Rahayu, S.Psi., MM., serta Tri Hendrik Ikwandoyo, Kepala BTN Cabang UINSA Surabaya. Hadir pula, Moch Yasin, M.Kom., Koordinator Pengembangan sistem PUSTIPD terkait pengenalan tracer study bagi alumni. Kegiatan pembekalan ini dipandu langsung Hanafi Adi Putranto,S.Si.,SE., M.Si., Dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSA Surabaya.

Wakil Rektor dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pembekalan ini sebagai salah satu bentuk after education care UINSA Surabaya bagi lulusan sebelum secara resmi menyandang gelar kesarjanaan masing-masing. “UIN Sunan Ampel Surabaya tidak hanya memikirkan saat proses pembelajaran, tapi juga bagaimana setelah lulus dari kampus UIN Sunan Ampel Surabaya,” ujar Prof. Muhid.

Wakil Rektor secara khusus juga menyampaikan terima kasih kepada para narasumber dan berharap agar para peserta diberikan nasihat bijaknya guna menyiapkan diri memasuki dunia kerja. Di era digital dengan tingkat kompetisi yang tinggi, peluang kerja menjadi terbatas dibanding jumlah pencari kerja. “Oleh karena itu, di era yang kompetisinya tinggi maka mental bertarung menjadi sangat penting dimiliki oleh para sarjana,” imbuh Prof. Muhid.

 Tak lupa, Wakil Rektor juga menegaskan pentingnya menjaga jejak digital bersih. Mengingat di era digital, jejak digital menjadi salah satu prasyarat yang seringkali dipakai dalam penilaian kerja seseorang. Termasuk communication skill yang harus diasah guna meningkatkan daya saing di era digital.

“Pembekalan ini dalam rangka upaya mempercepat masa tunggu lulusan UINSA untuk mendapatkan pekerjaan, dan itu merupakan poin penting dari akreditasi Perguruan Tinggi,” terang Prof. Muhid.

Sebagai informasi, prosesi wisuda akan digelar pada Sabtu-Ahad, 3-4 Februari 2024. Total sebanyak 1.623 wisudawan akan dikukuhkan pada prosesi wisuda di Gedung KH. Syaifuddin Zuhri Sport Center and Multipurpose Kampus A. Yani UINSA Surabaya ini. (Nur/Humas)

Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN Cahaya
Highlight: Rian