Berita

Gunung Anyar, Surabaya — (26/01/2024) Sejumlah 76 mahasiswa psikologi Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) telah menyelesaikan studinya dan sudah saatnya mereka memasuki tahap akhir sebelum wisuda, yakni Yudisium ke-105 & 106 yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Januari 2024 di Auditorium FPK UINSA.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang dihadiri oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK, Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si., selaku Wakil Dekan (WADEK) I, Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog selaku Wadek II, Dr. Rubaidi, M.Ag., selaku Wadek III, Nova Lusiana, M.Keb selaku Kepala Jurusan, Esti Novi Andyarini, M.Kes selaku Sekretaris Jurusan, Dr. Lufiana Harnany Utami, S.Pd, M.Si selaku Kepala Prodi Psikologi, Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi, Psikolog selaku Sekretaris Prodi Psikologi, Mei Lina Fitri Kumalasari, M.Kes selaku Kepala Prodi Gizi, serta Estri Kusumawati, M.Kes selaku Sekretaris Prodi Gizi.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya & Hymne UINSA, para peserta yudisium serta hadirin mengikuti dan menyanyikan lagu dengan khidmat. Acara dilanjutkan dengan pembukaan Yudisium ke-105 oleh Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK. Beliau menyampaikan bahwa, “Alhamdulillah, turut bangga kepada mahasiswa psikologi FPK yang berhasil menyelesaikan studinya dalam jangka waktu 3,5 tahun. Hal ini merupakan suatu hal yang patut diapresiasi kepada para mahasiswa yang tidak menunda waktu kelulusan mereka.”

Rangkaian selanjutnya ialah Pembacaan SK Yudisium ke-105 serta Pembacaan SK Yudisium Terbaik dan SK Yudisium Terbaik Non Akademik oleh Dr. Suryani, S.Ag, S.Psi, M.Si, selaku WADEK I.

Acara selanjutnya ialah pengukuhan peserta yudisium yang dipimpin oleh Dekan FPK yang dilanjut dengan prosesi Yudisium FPK ke-105 & 106 sebanyak 76 mahasiswa. Diawali dengan pembacaan SK Yudisium ke-104, kemudian penyerahan transkrip nilai kepada mahasiswa yang maju satu persatu ke podium dan diserahkan oleh Dekan FPK yang didampingi oleh para jajaran WADEK.

Acara selanjutnya yang tidak kalah menarik ialah penyampaian motivasi oleh salah satu alumni mahasiswa FPK tahun 2018 yakni Rilla Fauzia Nur Anwary, S.Psi. Ia merupakan salah seorang mahasiswa berprestasi yang berhasil mendirikan perusahaan musiknya sendiri dan menciptakan lagu yang telah didengarkan oleh ribuan orang dari berbagai negara di platform musik digital seperti spotify.

Kak Rilla, sapaannya, juga mendapat kesempatan untuk memberikan sepatah dua patah kata kepada para peserta yudisium, ia berpesan bahwa, “Harus semangat dan welcome to the club, semoga ilmunya bermanfaat dan juga jangan sampai pernah menyerah. Harus kuat dan tahan banting kedepannya, tetap kejar cita-cita dan passion kamu setinggi mungkin.”

Pemberian penghargaan menjadi agenda selanjutnya. Erina Dwi Agustin, S.Psi., Dewi Sakhsiyatul Izzati, S.Psi., dan Puput Anggraini Umar, S.Psi., mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan akademik terbaik. Sementara itu, Qonita Firdaus Rachmatulloh, S.Psi., Maindah Nurlaili Asari, S.Psi., dan Arina Nurul Badriyah, S.Psi., juga mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan non-akademik terbaik FPK.

Erina Dwi Agustin, S.Psi., mendapat bagian untuk memberikan sambutan singkat sebagai salah seorang mahasiswa terbaik. Dalam sambutannya, ia berpesan kepada semua orang untuk selalu bersyukur dalam menjalani proses dalam hidup kedepannya.

Acara berlanjut pada Penyerahan Wisudawan ke Ketua Alumni dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Rubaidi, M.Ag. Serangkaian acara Yudisium ke-105 & 106 FPK ditutup oleh Dekan FPK pada pukul 10.00 WIB. Sukses selalu untuk para peserta yudisium yang akan segera di wisuda, semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi