Berita
Pentingnya Melestarikan Ruang Publik Tradisional Masyarakat: Orasi Budaya Rektor Uinsa Pada Acara Pelantikan Pengurus, Dewan Penasihat Dan Dewan Pakar Apssi

Bertempat di Romokalisari Adventure Land, Kamis 10 November 2022 yang bertepatan dengan hari pahlawan, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, Grad Dip. SEA, M.Ag., M. Phil, Ph.D., menyampaikan orasi budaya pada acara pelantikan pengurus, dewan penasehat dan dewan pakar Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia. Dalam orasinya, Prof Muzakki yang juga dikukuhkan sebagai salah satu anggota Dewan Pakar APSSI menyampaikan bahwa masyarakat perlu menjaga dan melestarikan budaya-budaya tradisional yang ada. Saat ini di tengah derasnya kemajuan teknologi, banyak budaya-budaya tradisional yang menjadi ciri khas masyarakatnya menjadi hilang, seperti budaya “cangkruk” di Surabaya yang saat ini sudah jarang ditemui di masyarakat.

Selain itu, dalam orasinya Prof Muzakki juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan, yang mestinya sejalan dan berbanding lurus dengan peningkatan ekonomi, kemajuan teknologi serta tingginya tingkat pendidikan masyarakat. Sebagai contoh, Prof Muzakki menjelaskan banyak ditemui pemilik kendaraan mobil mewah tetapi membuang sampah sembarangan di jalan. Hal tersebut mestinya sudah tidak terjadi lagi di jaman yang modern ini.

Kegiatan pelantikan pengurus, dewan penasihat dan dewan pakar APSSI merupakan rangkaian kegiatan Lokakarya Nasional dan Rapat Kerja Nasional APPSI tahun 2022 dengan tema “Strategi Transformasi Sosial Menuju Green Digital Society”. Acara ini diikuti oleh sosiolog dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam wadah Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI). Acara dilaksanakan tanggal 8-11 November 2022 berupa Rapat Kerja di GreenSA Inn Juanda, kemudian dilanjutkan pelantikan pengurus, dewan penasehat dan dewan pakar APSSI di Romokalisari Adventure Land, selanjutnya diadakan kegiatan Lokakarya Nasional di Novotel Surabaya, sebagai penutup adalah kegiatan workshop yang dilaksanakan di ruang Amphiteater UIN Sunan Ampel Jl. A. Yani Surabaya. Dalam kegiatan APSSI kali ini juga dilakukan penanaman 1000 pohon mangrove di Romokalisari Surabaya. (Va)