Berita
FST UINSA Lantik 57 Mahasiwa Program Internship Asisten Laboran

Kamis 27 Oktober 2022 Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UINSA menggelar Pelantikan Asisten Laboratorium FST UINSA. Pelantikan ini sebagai muara dari seleksi Program Internship Magang Laboratorium Mahasiswa. Pelantikan dilakukan oleh Dekan FST UINSA Dr. Asep Saepul Hamdani, M.Pd. kepada 57 mahasiswa FST UINSA yang telah dinyatakan lolos seleksi. Asisten laboratorium ini merepresentasikan 7 Program Studi di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UINSA, mulai dari perwakilan Prodi Arsitektur, Biologi, Ilmu Kelautan, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Lingkungan, dan Teknik Sipil. Pelantikan ini juga dihadiri oleh Dr. Moh. Hafiyusholeh, M.Si., M.P.Mat. (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan) dan Dr. Abid Rohman, S.Ag, M.Pd.I (Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan). Asisten Laboratorium adalah predikat yang diberikan kepada mahasiswa, sesuai dengan Keputusan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Nomor: 523 Tahun 2022 Tentang Asisten Laboratorium FST UINSA.

Para aslab yang akan dilantik

Kepala Laboratorium FST UINSA Yuanita Rachmawati, M.Sc. menjelaskan bahwa tujuan dari Program Internship Magang Laboratorium ini guna meningkatkan kompetensi mahasiswa akan pengelolaan Management Laboratorium. Program Internship ini mengajarkan mahasiswa tentang bagaimana SOP yang berlaku pada suatu Laboratorium, bagaimana menerapkan Standar K3 Laboratorium, hingga Tata Kelola Laboratorium dan Inovasi yang perlu dilakukan Laboratorium dalam peningkatan Kualitas Layanan Internal maupun External.

Penyerahan simbolis pelantikan oleh Dekan FST UINSA kepada perwakilan Aslab

Dekan FST UINSA menegaskan bahwa Fasilitas Laboratorium FST UINSA ini memiliki 54 laboratorium yang terbagi menjadi 8 kategori laboratorium yaitu Laboratorium Program Studi Biologi, Laboratorium Program Studi Matematika, Laboratorium Program Studi Ilmu Kelautan, Laboratorium Program Studi Arsitektur, Laboratorium Program Studi Sistem Informasi, Laboratorium Program Studi Teknik Lingkungan, Laboratorium Program Studi Teknik Sipil, serta Laboratorium Fakultas yang terdiri atas Lab. Kimia Dasar, Lab. Biologi Dasar, Lab. Instrumen, dan Smart Greenhouse. Ini merupakan potensi luar biasa dan memerlukan pula SDM yang luar biasa dalam pengelolaannya.

Pelantikan turut dihadiri oleh para dosen dan tendik

Humayra Qurrata Aini salah satu mahasiswa Internship mengemukakan pendapatnya bahwa bangga menjadi bagian dari Laboratorium FST UINSA, dan akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Radinal Kautsar mahasiswa lainnya memberikan apresiasi pada acara pelantikan ini. Baru pertama kali ini saya mendapatkan pengalaman berharga menjadi peserta yang dilantik dan disumpah sebagai salah satu Asisten Laboratorium FST UINSA. Pelantikan Asisten Laboratorium ini diiringi dengan pengambian sumpah Asisten Laboratorium yang berbunyi sebagai berikut.

Para Aslab mengikrarkan sumpah asisten laboran

Dengan ini saya bersumpah,

Bahwa saya sebagai asisten laboratorium, akan melaksanakan tugas saya sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku, dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan.

Bahwa saya sebagai asisten laboratorium, atas dasar pengabdian akan memaksimalkan peran dan kontribusi saya untuk meningkatkan kualitas manajemen laboratorium.

Bahwa saya sebagai asisten laboratorium, dalam melaksanakan tugas akan membina kerja sama, keutuhan, dan kesetiakawanan dengan teman sejawat.

Semoga Allah SWT meridhoi. Amin ya Rabbal Alamin.