Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Friday, 25 March 2022

Pengukuhan Pengurus IKA FST UINSA Periode 2022-2025 dan Temu Industri

Kamis, 23 Maret 2022, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Ampel Surabaya menggalang kegiatan Temu Industri dengan mengundang lebih dari 25 mitra usaha dan industri terkait. Kegiatan digelar secara hybrid di ruang meeting lantai 2 Twin Tower dan live Zoom. Acara tersebut digawangi oleh Yuniar Farida, M.T (sekjur Sains) bersama Tim Kerjasama FST  dan dipandu oleh Indri Sudanawati Rozas, M. Kom (Dosen Prodi Sistem Informasi). Kegiatan ini dihadiri lebih dari 60 lebih partisipan yang hadir secara offline dan 40 lebih partisipan secara online.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ir. Harianto selaku Ketua ketanagakerjaan dan jaminan sosial Apindo Jawa Timur serta Darno, MM.Ak, selaku Ketua komite tetap bidang fiskal Kadin Jawa Timur. Harianto menyampaikan “SDM lulusan perguruan tinggi harus berkarakter, kompeten dan inovatif agar dapat bersaing dalam perkembangan zaman.” Dunia kerja kini telah berkembang, dimana lebih mengutamakan kinerja dibanding loyalitas, sehingga Beliau berpesan bahwasanya “Perubahan dan inovasi merupakan suatu yang abadi. Jika anda terlambat anda tergilas, jika anda berhenti anda mati.” Tantangan ini menjadi semakin berat sehingga mahasiswa harus tangguh dan kreatif. Darno menambahkan “Kompetensi keahlian dan kompetensi sosial menjadi suatu hal yg penting dimiliki oleh SDM secara seimbang, sehingga membentuk pribadi yang tangguh.” Sejalan hal tersebut UINSA juga telah mendirikan LSP guna menyiapkan SDM mahasiswa yang kompetitif di dunia kerja.

Acara dilanjutkan dengan agenda hearing dari mitra usaha dan industri pengguna lulusan FST UINSA. Beberapa mitra menyampaikan pendidikan karakter menjadi hal yang perlu dikembangkan guna menciptakan sdm yang unggul dan beratitut mulia dengan tidak hanya berfokus pada pencapaian pribadi, tetapi juga kepekaan sosial. Secara umum mahasiswa kini terlalu mengedepankan prestasi pribadi sehingga banyak kehilangan jiwa solidaritas dan sosialnya. Akan tetapi tanggapan mitra pengguna lulusan juga sangat apresiatif terhadap mahasiswa UINSA yang sangat mengutamakan adab dan juga mampu bersaing dengan alumni perguruan tinggi lainnya.

Acara ditutup dengan pelantikan kepengurusan IKA FST UINSA periode 2022-2023 oleh Yusuf Amrozi, M.MT selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan alumni FST UINSA. Yusuf berharap agar IKA FST UINSA dapat menjadi tonggak penguat kualitas UINSA di dunia kerja. Selain itu, seluruh dukungan dan semangat diutarakan juga oleh Prof. Evi untuk pengurus IKA FST UINSA yang baru. Adapun ketua terpilih Mujahid Abdur Rahman, alumni Prodi Matematika. Selamat bekerja utk kesejahteraan alumni dan komunikasi dengan almamaternya.