Berita

Surabaya, Kamis, 6 Juni 2024 – Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) jalani magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) perdana di Jawa Pos TV. Program magang yang berlangsung selama empat bulan, dari 22 Januari hingga 22 Mei 2024, memberikan pengalaman berharga di dunia profesional bagi para mahasiswa.

Program magang MBKM ini merupakan bagian dari kurikulum yang diadopsi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dengan bekerja langsung di dunia profesional. MBKM menyediakan banyak pilihan, termasuk pertukaran mahasiswa, studi independen, riset, magang, proyek membangun desa, mengajar di satuan pendidikan, dan proyek kemanusiaan. Banyak mahasiswa yang memilih magang untuk menggantikan kelas selama semester 6.

Selama program magang di Jawa Pos TV, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk terjun langsung dalam berbagai aspek produksi dan penyiaran berita. Mereka ditempatkan di berbagai program sebagai asisten produser, membantu menyiapkan program seperti Update Siang, Update Petang, Beranda Indonesia, Update Makan Wenak, Bincang Otomotif, Update Selebriti, dan Sehat Pagi.

Pengalaman magang ini memungkinkan mahasiswa untuk terlibat dalam seluruh proses produksi, mulai dari perencanaan, pembuatan naskah, hingga penyiaran program. Mereka diajarkan manajemen redaksi, alur pembuatan program, dan cara membuat konten yang menarik dan edukatif. Selain itu, Jawa Pos TV juga membuka jasa periklanan untuk menopang biaya operasional dan produksi, bekerja sama dengan berbagai pihak.

Produser Jawa Pos TV, Herjuno Darpito, mengungkapkan bahwa kehadiran mahasiswa magang dari UINSA sangat membantu tim produksi. “Tim terbantu dengan adanya mahasiswa magang dari UINSA, karena mereka cekatan dan cepat beradaptasi. Selain itu, para produser tetap harus memberi arahan dan memperlihatkan realita pekerjaan di dunia TV,” tuturnya.

Herjuno juga memberikan kesan positif mengenai mahasiswa magang MBKM dari UINSA. “Semua mahasiswi magang dari UINSA sangat baik, melakukan semua arahan dari produser masing-masing, dan cepat beradaptasi. Hal ini membuat masa magang menjadi lebih efisien. Bagi calon mahasiswa yang ingin magang di sini, harus tetap mau belajar, mendengarkan arahan produser, dan semoga ke depannya semakin lebih proper,” ujar produser program Update Makan Wenak tersebut.

Penulis: Alfi Damaynti, Alfi Nurul Aulia, Nur Robithoh Fajriyah, Ummu Khairiyah Hanum, dan Fatika Zahrani