Berita

@Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Monday, 30 May 2022

PDCA DALAM BEKERJA_ APEL PAGI FISIP UINSA

Senin, 30 Mei 2022 pelaksanaan apel pagi di gedung auditorium UINSA jalan A.Yani Wonocolo. FISIP menjadi petugas upacara dengan beberapa pelaksana tugas yakni, pembina upacara Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., pembawa acara ibu Aslamiyah, M.M, pemimpin upacara bapak Jave Zulkarnain, M.A., dan pembacaan doa oleh Dr. Abid Rohman, M.Si.

Upacara dihadiri beberapa pegawai baik, dosen dan tenaga kependidikan karena, pelaksanaannya dilakukan secara kombinasi luring dan daring. Apel pagi terasa hikmat dengan menyimak tema dalam apel pagi yakni, ‘PDCA (plan, do, check, action) dalam bekerja’. Penjelasan dari tema tersebut bahwa, huruf “P” yang berarti plan menjelaskan seorang pegawai harus memiliki perencanaan yang matang sebelum bekerja. Pada malam hari sebelumnya,  sudah membuat rencana-rencana yang akan dikerjakan pada esok pagi. Tujuannya agar, saat sampai di kantor sudah siap dengan apa yang kita kerjakan.

Arti huruf “D” yakni do yang berarti mengerjakan, perencanaan yang sudah kita buat maka, harus benar-benar dikerjakan. Bukan sekedar konsep yang melangit tetapi, benar-benar dibumikan atau dikerjakan. Namun, jika tidak mampu mengerjakan dengan rencana yang telah dibuat perlu melakukan dan melanjutkan huruf berikutnya “C” yakni, check. Arti kata check, adalah melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang sudah kita kerjakan untuk mengukur tingkat keberhasilan. Selain itu, check berarti juga melakukan perencanaan yang kedua atau ketiga, untuk ditindak lanjuti dengan “A” atau action, yakni mengerjakan lagi dan lagi.

Empat kata dari plan, do, check, action menjadi sebuah proses yang harus dilaksanakan oleh setiap pegawai. Kata ini digambarkan dalam bentuk circle yang harus dlakukan berulang-ulang. Dosen dan tenaga kependidikan memiliki tanggungjawab sebagai ASN UINSA untuk berkinerja sesuai dengan posisi jabatan masing-masing. Profesi yang telah dimiliki harus benar-benar dijalankan dengan senang hati dan tanpa mengeluh. Akan lebih baik lagi dibarengi dengan sikap  dengan kebijaksanaannya. Yang perlu diwaspadai jangan memasukkan di e-kinerja yang tidak dikerjakan karena, berdampak pada keberkahan rizki yang kita dapatkan. Semoga bermanfaat.

Tema apel pagi ini, semoga menjadi motivasi untuk kita semua sehingga, dapat membawa kemajuan dan kejayaan bagi UINSA jaya.  # FISIP Keren