Berita

@Pendidikan Profesi Guru

Monday, 30 May 2022

MENUJU KEGIATAN REVIEW PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PTK, LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA ADAKAN PENYAMAAN PERSEPSI  DOSEN DAN GURU PAMONG PPG DALJBAB BATCH 1

Surabaya, 21 Mei 2022 LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan kegiatan Penyamaan Persepsi Dosen dan Guru Pamong Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 1. Bertempat di Hotel Premier Sidoarjo, 100 perserta yang terdiri dari dosen dan guru pamong mengikuti kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan kegiatan review Perangkat Pembelajaran & PTK serta pelaksanaan PPL bagi peserta PPG. Sebelumnya, peserta PPG telah membuat perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, Media pembelajaran, LKPD, dan instrumen evaluasi serta dan proposal PTK, kemudian pada pekan ke-3 Mei 2022, perangkat pembelajaran dan proposal PTK yang telah disusun akan direview bersama dengan Dosen dan Guru Pamong.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus Ketua LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Bapak Prof. Dr. H. Ali Mas’ud, M.Ag., M.Pd.I membuka langsung acara tersebut. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa selain dalam rangka silatuhrahmi yang terputus antara guru pamong dan sekolah mitra PPL PPG juga merupakan langkah yang optimal yang dilakukan LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya dalam mencetak guru yang profesional. “Perlu adanya kerjasama yang saling bersinergi antara dosen dan guru pamong dalam mereview perangkat pembelajaran dna PTK yang telah disusun peserta PPG, agar dalam praktiknya peserta dapat memahami bagaimana penyusunan perangkat pembelajaran yang baik dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran”

Turut hadir dalam acara, Bapak Mustofa Fahmi, S.Pd., M.Ed selaku Pengembangan Teknologi Pembelajaran Ahli Muda pada Seleksi Bina Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Madtasah TSanawiyah Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia sekaligus sebagai panitia nasional PPG 2022. Selain memberikan materi terkait kebijakan dan mekanisme PPG Daljab Tahun 2022 Batch 1, kehadiran beliau juga dalam rangka monitoring dan valuasi pelaksanaan PPG Dalam Jabatan 2022 Batch-1 di LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya.

Memasuki sesi pemaparan materi, acara dipandu oleh Moderator Ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Taufik, M,Pd.I terkait mekanisme dan kebijakan pelaksanaan Review Perangkat Pembelajaran & PTK, Peer Teaching, dan Pelaksanaan PLP. Sekertaris Pengelola PPG Daljab Tahun 2022 yang sekaligus Ketua Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan bahwa pada kegiatan perangkat pembelajaran dosen dan guru pamong bersama mereview perangkat pembelajaran yang telah dibuat oleh mahasiswa pada modul sebelumnya, dimulai dari analisis SKL, KI & KD serta prota dan Promes, Bahan Ajar & Model Pembelajaran, Media Pembelajaran & LKPD, AKM & Survey Karakter, Evaluasi Pembelajaran, dan Video Sumber Belajar & Praktik Pembelajaran. Dosen dan Guru pamong diminta memberi masukan dan meminta peserta melakukan revisi jika memang perangkat pembelajaran yang dibuat belum memenuhi standar yang diminta. Pada proposal PTK, dosen dan guru pamong harus memastikan bahwa permasalahan yang diteliti mengacu pada tema/materi yang terkait dengan RPP 1 yang disusun dan menggunakan 3 siklus.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh TIM IT dari Panitia Nasional, yakni Bapak Ahmad Najib. Beliau mensimulasikan LMS SPACE Kemenag yang akan digunakan pada saat kegiatan Review Perangkat Pembelajaran & PTK,  Peer Teaching, sampai pada PLP. Dimulai dari bagaimana caranya log in, sampai penjelasan fitur-fitur seperti tugas, diskusi dan penilaian. Peserta kegiatan penyamaan persepsi yang terdiri dari dosen dan guru pamong melakukan simulasi langsung terkait pengoperasian LMS dipandu oleh tim heldesk PPG Daljab LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Semoga dengan terselenggaranya kegiatan penyamaan persepsi antara dosen dan guru pamong dapat memberikan hasil yang optimal dalam mencetak guru profesional.