Berita

Pendidikan Profesi Guru

Monday, 1 August 2022

PANITIA DAN PENGAWAS DARI LPTK UINSA BERJIBAKU MENYUKSESKAN RANGKAIAN KEGIATAN UP UKMPPG BATCH 1 TAHUN 2022

Minggu, 31 Juli 2022. Laboratorium integrasi yang terletak di kampus I UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi tempat pelaksanaan pengawasan Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UMPPG). 

Pengawasan UP UKMPPG di UIN Sunan Ampel Surabaya dipusatkan di Lab. Integrasi yang telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung untuk kelancaran pengawasan secara online dimana sehari sebelumnya juga telah dilakukan uji coba system  ditempat yang sama untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UP.

Satu jam sebelum pelaksanaan UP sejumlah 26 Pengawas Sesi I dipastikan sudah hadir di lokasi dan dipantau langsung oleh Ibu Ainun Syarifah, M.Pd.I (Koordinator TUK), Bapak Muhammad Syahru Ahmad, SP.d. (Koordinator IT) berserta Bapak Dr. Remiswal, S.Ag., M.Pd. (Penyelia/UIN Imam Bonjol Padang ), Ibu Choirun Niswah, S.Ag., M.Ag. dan Dr. Dewi Warna, M.Pd. (Penyelia/UIN Raden Fatah Palembang). Sesaat setelah pelaksanaan UP dimulai bapak dan ibu penyelia kembali memantau proses pelaksanaan uji pengetahuan dengan berkeliling ruang pengawas begitupun dengan sesi II. Disela-sela berlangsungnya UP juga hadir pemantau  yang ditugaskan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). 

991 mahasiswa PPG dari 8 LPTK yang terdaftar sebagai peserta UP di LPTK UINSA dibagi menjadi 50 ruang virtual yang dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi 1 sejumlah 26 kelas virtual dan sesi II sejumlah 24 kelas virtual. Pelaksanaan uji pengetahuan baik pada sesi I maupun sesi II secara umum berlangsung lancar, aman dan tertib.

Pelaksanaan UP diakhiri dengan rapat evaluasi pelaksanaan UP oleh Bapak dan Ibu penyelia, panitia, koordinator pengawas beserta koordinator IT. Bapak Dr. Remiswal, S.Ag., M.Pd. mengapresiasi kelihaian pengawas dalam mengatasi kendala-kendala kecil yang dialami oleh peserta begitupun dengan ibu Choirun Niswah, S.Ag., M.Ag. dan Dr. Dewi Warna, M.Pd. yang menilai bahwa “kesungguhan dan kesabaran serta bekal IT pengawas yang mumpuni di LPTK UINSA sangat berarti dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan UP Kali ini” tuturnya. (Aini)