Berita

UINSA Newsroom – Selasa (31/10/2023) Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melangsungkan kegiatan Festival Bulan Bahasa 2023 di Gedung Auditorium UINSA. Acara ini diselenggarakan pada Selasa, 31 Oktober 2023 dengan diikuti mahasiswa baru program Intensifikasi Bahasa Arab (IBA) dan Intensifikasi Bahasa Inggris (IBI).

Kegiatan rutin tahunan kali ini mengusung tema “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing.” Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan mahasiswa menyalurkan kemampuan mereka.

Acara ini juga diikuti beberapa mahasiswa asing dari berbagai universitas guna memeriahkan event berbagai perlombaan yang diadakan untuk mengasah kreatifitas dan skill bahasa asing. Lomba yang dikonteskan yakni mendekorasi tumpeng, storytelling, hingga lomba yel-yel Bahasa Inggris.

Melalui kegiatan ini Kepala P2B UINSA, Dr. Mohammad Budiono, M.Pd.I., menegaskan bahwa manusia memiliki bahasa yang paling unggul. “Kegiatan ini menjadi kesempatan dalam berusaha memanusiakan manusia melalui Bahasa,” begitu ujarnya.

Menurutnya, melontarkan bahasa dengan penekanan intonasi dan pemilihan kata dapat mempengaruhi makna. Maka dari itu dengan belajar bahasa tentunya menjadi suatu hal yang penting dilakukan agar tidak menimbulkan kesalahan yang fatal.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., dalam sambutannya juga mengingatkan adanya bahasa yang terbagi menjadi dua fungsi yakni fungsi heuristic dan ekspresi diri. “Fungsi heuristic ini yakni bahasa tidak sekedar sebagai sarana komunikasi tapi juga mencari ilmu pengetahuan. Sedangkan fungsi ekspresi diri yakni bahasa sebagai saluran ekspresi untuk menunjukkan ekspresi diri anda dapat tersampaikan” jelas Prof Muhid.

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Wakil Rektor bahwa kegiatan ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat mahasiswa baru perlu mengembangkan kemampuan bahasa asing mereka. “Sebagaimana standar nasional pendidikan tinggi bahasa Indonesia dan bahasa asing menjadi kompetensi yang harus dikembangkan,” ungkapnya dalam sambutan.

Tak lupa, Wakil Rektor juga mengapresiasi para tutor dan fasilitator yang setia mendampingi mahasiswa baru untuk belajar bahasa asing selama dua semester. Ia juga berharap, tahun depan terdapat kegiatan seperti ini dengan persiapan dan rangkaian kegiatan yang lebih meriah. “Semoga dapat dikembangkan lagi dengan berbagai lomba yang lain contohnya lomba meme,” begitu imbuhnya.

Reportase: Syifa’ Yahyania Awim Tasya
Foto: Rian
Redaktur: Nur Hayati