Berita

IAIN Ambon dan PPB UINSA siap integrasikan pembelajaran otonomi untuk percepatan belajar bahasa asing di kedua lokasi. Otonomi belajar yang lebih cepat akan membantu mahasiswa dapat menggali banyak materi. @FLAT adalah teknologi yang mendukung peningkatkan kemampuan berbahasa, dan kami sangat senang berbagi tentang inovasi ini dengan IAIN Ambon.” Selain itu, perwakilan dari IAIN Ambon juga menyambut baik  aplikasi ini. Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab, Kaprodi Tadris Bahasa Inggris, dan Kaprodi Tadris Bahasa Indonesia dari IAIN Ambon menyampaikan antusiasme mereka dalam mengintegrasikan teknologi @FLAT dalam kurikulum pembelajaran di kampus mereka. Mereka yakin bahwa ini akan membantu mahasiswa mereka dalam memahami dan menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan lebih baik.

Kegiatan diawali dengan observasi langsung implementasi aplikasi Bahasa Arab dan Inggris pada kelas di kampus Ahmad Yani di tiga fakultas yaitu Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Fakultas Syariah dan Hukum. Seluruh delegasi ikut masuk ke kelas dan melihat implementasi aplikasi dalam pembelajaran pada tanggal 19 Oktober 2023. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi tutorial dan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi di kantor pusat pengembangan bahasa UINSA. @FLAT terdiri dari  pembelajaran berbasis website ALBI (Al Arabiyya Li an Nathiqin Bi Indonesia) yang membantu dalam pembelajaran bahasa Arab, dan ELFI (English Language for Indonesian) yang ditujukan untuk pembelajaran bahasa Inggris.

Teknologi ini menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan mendalam, yang dapat meningkatkan kemampuan berbahasa mahasiswa dimana aplikasi ini bertujuan memberikan pengalaman belajar interaktif yang bisa diakses secara mandiri. Dilengkapi dengan fitur ketuntasan belajar, aplikasi ini dirancang agar mahasiswa mampu mengikuti semua paparan materi yang komprehensif, latihan terstruktur dan tugas mandiri.  Aplikasi ini juga mampu memonitor progress skor setiap unit yang dipelajari mahasiswa. Selain diskusi tentang aplikasi, diskusi menarik juga dilakukan untuk melakukan pengembangan program BIPA. Di hari berikutnya,  delegasi melakukan kunjungan ke Fakultas tarbiyah dan Keguruan untuk melihat praktek baik pembelajaran disana. Kegiatan dilanjutkan dengan kordinasi bersama rector kedua universitas terkait tindak lanjut kerjasama. Di sesi penutupan, Kepala Pusat pengembangan Bahasa UINSA, Dr. Muhammad Budiono menyampaikan bahwa produk ini akan menjadi salah satu penciri PPB UINSA yang diharapkan mampu melahirkan inovasi terdepan di level nasional maupun regional.