Berita

LPM Newsroom, Senin (11/12/2023); Pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja Sama (Kabiro AAKK), Dr. H. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag, Ketua LPM, Dr. Ali Mustofa, M.Pd dan Koordinator Pusat Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Holilah, M.Si menghadiri Undangan Koordinasi dan Evaluasi Implementasi MBKM yang diadakan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Kemenag RI. Kegiatan dilakukan dalam rangka percepatan program implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuju akselerasi mutu dan daya saing pada lingkup PTKIN.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Direktor PTKI Kemenag RI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag mengatakan,”ada 3 agenda besar dalam kegiatan ini yaitu, pertama menentukan arah kebijakan pengembangan PTKI tahun 2024; Kedua, koordinasi dan evaluasi implementasi MBKM, dan Ketiga, sosialisasi program kemitraan Higher Education Partnership Initiative (HEPI)- USAID & Program TALENTA- USAID dalam kerangka implementasi MBKM. Kegiatan di rancang agar di tahun 2024 terwujud Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) unggul dalam jumlah signifikan,” ujarnya.

Selanjutnya pembukaan dilakukan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, MT, mengatakan,” ada empat issu strategis yang menjadi sasaran kemenag saat ini. Pertama, Akselerasi mutu dan daya saing PTKIN. Ukuran mutu sebuah perguruan tinggi adalah peringkat akreditasi. Untuk itu 60% PTKI Unggul menjadi target dalam Renstra Kemenag RI. Kedua, kualitas dan relevansi. Alumni PTKI memiliki kualitas yang mumpuni bukan hanya di bidang keilmuan tapi juga dibidang agama, sehingga memiliki relevansi berkontribusi di dunia global.Ketiga, daya saing. Agar terwujud alumni PTKI yang memiliki daya saing di dunia kerja, seperti kesempatan yang sama bagi alumni mengikuti CPNS, maka kemenag melakukan mitigasi dengan mengeluarkan kebijakan perubahan nama prodi. Misalnya prodi yang semula dengan nama Prodi Tadris Kimia, di ganti menjadi Pendidikan Kimia; prodi Psikologi Islam, Psikologi Kristen, Psikologi Hindu di ganti menjadi Prodi Psikologi.Keempat, tatakelola. Saat ini penanggung jawab Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) pada UIN/IAIN/STAIN yang awalnya dilakukan oleh Rektor diganti menjadi tanggung jawab Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan. Ini diharapkan agar Rektor lebih fokus pada pengembangan Perguruan tinggi dengan membangun banyak jaringan baik di dalam maupun luar negeri serta menjadi brand ambassasor perguruan tinggi masing-masing,” tegasnyaKegiatan dilakukan secara luring dan daring. Kegiatan luring di Hotel Mercure Serpong Alam Sutera, Tangerang Banten selama 3 hari. Hadir dalam kegiatan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kemenag RI; seluruh Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu seluruh PTKI dan TIM Direktorat PTKI – Ditjen Pendidikan Islam. [lila]

UINSA Surabaya:
Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

LPM UINSA Surabaya:
Prosedural, Quick Respons, Transparan

#BanggaUINSA
#AyoKuliahdiUINSA
#ItsMyDream
#ItsMyDestination
#UINSASurabaya
#UINSAJaya
#UINSAAkreditasiA
#UINSA(1)UniRank
#UINSAISOCertified