Berita

@Pendidikan Bahasa Inggris

Tuesday, 31 May 2022

Mengakhiri Bulan Mei, Prodi PBI gelar Workshop series Guru: The Media Creator dengan tema Media and Application for Teaching Listening

Menutup bulan Mei, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya meneruskan kembali penyelenggaraan Workshop series Guru: The Media Creator dengan tema Media and Application for Teaching Listening pada Selasa (31/5). Workshop kali ini merupakan seri kelima setelah keempat seri sebelumnya telah terlaksana pada bulan Januari, Februari, Maret, dan April. Kegiatan yang berbasis PkM ini merupakan kerjasama kerjasama Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi, Pusat Studi Literasi, Perpustakaan, dan Community English Department Alumni (CEDA).

Menghadirkan dua narasumber utama, Ibu Hilda Izzati Madjid, MA dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan Ibu Nurissaidah Ulinnuha, M.Kom dari Fakultas Sains dan Teknologi, workshop seri kelima ini membahas pengajaran listening serta bagaimana media dan aplikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan atau membuat media pengajaran listening. Kegiatan dibuka oleh ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Dr. Siti Asmiyah, M.TESOL dan dilanjutkan oleh moderator Ibu Ana Nela Royana, S.Pd.

Narasumber pertama Ibu Hilda, yang memiliki pengalaman sebagai pengampu matakuliah listening, memaparkan materi terkait dengan Designing Relevant Materials for Teaching Listening. Paparan teoritis terkait materi pengajaran bahasa yang efektif dan pilihan desain materi untuk listening, yaitu top-down process dan bottom-up process beliau berikan dengan melibatkan interaksi dengan peserta workshop termasuk dosen, mahasiswa, dan guru.

Melanjutkan paparannya, Ibu Hilda menjelaskan langkah demi langkah serta pertimbangan-pertimbangan yang perlu untuk diperhatikan dalam mendesain materi ajar yang relevant untuk pengajaran listening. Beberapa ide praktis juga beliau berikan termasuka Podcast, Listening Bingo, Ditogloss, dan Gap-fill.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ibu Nurissaidah Ulinnuha, M.Kom  sebagai pemateri kedua. Pada sesi ini, ibu Nurissaidah membahas tentang Application for Teaching Listening. Aplikasi-aplikasi tersebut dikateorikan menjadi 4 kelompok, yaitu aplikasi untuk podcast, aplikasi berbasis text to speech, inserting audio/video in google form, and audio resources. Setelah beberapa penjelasan tentang aplikasi-aplikasi yang disebutkan, narasumber mendemonstrasikan penggunaan dari masing-masing aplikasi yang disebutkan.

Seri ini ditutup dengan tanya jawab diskusi interaktif dan dilanjutkan dengan pembimbingan intensif bagi peserta workshop terdaftar. Mereka masuk pada breakout room masing-masing dengan pembimbingnya dan melanjutkan praktik serta pengisian lembar kerja. Seri berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Juni 2022 dengan seri topik yang selanjutnya.