Berita

@Matematika

Tuesday, 5 July 2022

Matematika Berprestasi : Prodi Matematika Memborong Medali di Lomba Internasional, UINSA INTERNATIONAL YOUNG SCIENTIST COMPETITION (UIYSC) 2022

Surabaya, 3/7/22– UINSA International Young Scientist Competition (UIYSC) adalah lomba berskala Internasional yang diadakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan University Teknologi MARA, Malaysia beserta dengan mitra dalam dan luar negeri yang lain. UIYSC merupakan salah satu kompetisi yang memfasilitasi kreativitas siswa dan mahasiswa di berbagai negara untuk berinovasi dan menampilkan karya mereka dari berbagai disiplin keilmuan yang dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan. Kompetisi ini diikuti pelajar tingkat sekolah (SMP-SMA) sampai mahasiswa S1 dari berbagai negara dan membentuk tim (2-5 anggota). Tiap tim hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya dari beberapa sub tema yang dilombakan.

Yuanita Rachmawati, selaku ketua panitia UIYSC 2022, menyampaikan bahwa UIYSC 2022 diikuti oleh 165 pendaftar dan 50 tim dinyatakan sebagai finalis yang berasal dari 18 institusi. Prodi matematika pun telah mengirimkan beberapa delegasi tim terbaiknya untuk mengikuti lomba UIYSC ini. Dari Fakultas Sains dan Teknologi, tak hanya Prodi Matematika yang mendelegasikan mahasiswanya, namun juga ada Prodi Sistem Informasi, Prodi Teknik Lingkungan, dan lain sebagainya.

Pendaftaran UIYSC ini dibuka pada tanggal 20 Mei hingga 10 Juni dengan menawarkan 7 sub-tema yang dapat dipilih oleh calon peserta. Seperti halnya, Environmental Science, Natural Science, Information and Communication, Education, Islamic Integration on Science and Technology, Engineering & Design, Mathematics and Computer Science. Presentasi finalis yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 Juli 2022 ini dilakukan secara daring melalui via zoom meeting dan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Sebelum acara penganugrahan juara ini, hari sabtu 2 Juli 2022 telah dilaksanakan seminar internasional yang menghadirkan 2 pembicara asing dan satu pembicara dalam negeri, yang dilanjutkan presentasi para finalis lomba karya tulis ilmiah ini.

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada inisiator UIYSC, Prof. Dr. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag., semua finalis, para judgespartners, dan semua anggota yang telah membantu terlaksananya UIYSC sehinga dapat berjalan dengan lancar. Dan Special Award Dean Award: Hygea (SMA Tunas Mekar Indonesia, Bandar Lampung), Rector UiTM MARA Grand Award: Yolov5nsmlx (Matematika, UIN Sunan Ampel Surabaya), Rector UIN Sunan Ampel Surabaya Grand Award: UiTM Team (Fakultas Computer and Mathematical Sciences, Universitas Teknologi MARA) dan Best Supervisor: Dian Candra Rini Novitasari, M.Kom dosen prodi matematika FST UINSA yang mengirimkan yang terbanyak dari bimbingannya untuk event ini. Menurut Yuanita, “penilaian ini murni dari para juri, kita panitia hanya merekap dan mengumumkan saja. Selanjutnya hadiah penghargaan dalam bentuk medali emas, perak, dan perunggu serta tropi penghargaan akan di pos kan ke alamat peserta masing-masing”, tandas dosen biologi FST UINSA ini.

Dalam lomba ini, Prodi Matematika berhasil menyabet cukup banyak Medali di berbagai sub-tema yang mereka sediakan. Yolov5nsmlx, Kartini, Nayra, Bismillah, Ganit Teem, dan Piety adalah tim yang berhasil menyabet medali yang berasal dari Prodi Matematika. Yolov5nsmlx adalah tim yang berhasil meraih medali emas di sub-tema Information and Communication Technology, Kartini adalah tim yang berhasil meraih medali Perunggu di sub-tema Mathematics and Computer Science, Nayra dan Bismillah adalah tim yang berhasil meraih medali Perak di sub-tema Mathematics and Computer Science, Ganit Team adalah tim yang berhasil meraih medali Emas di sub-tema Mathematics and Computer Science, dan Piety adalah tim yang berhasil meraih medali Perak di sub-tema Islamic Integration on Science Technology Education. Selain itu Rector UiTM Grand Award jatuh kepada tim terbaik yang berasal dari prodi Matematika, yakni tim dengan nama Yolov5nsmlx, yang beranggota Huda Febrianto Nurrahman dan Elen Riswana Safila Putri, mahasiswa dan mahasiswi Prodi Matematika angkatan 19. (Sa)