Berita

Nur Laila Khoirun Nisa’, mahasiswi Teknik Lingkungan angkatan 2018, mengukir prestasi yang membanggakan dengan menjadi runner-up dalam kompetisi Indonesia Energy Innovation Challenge 2023 kategori Impact Solutions Pitch pada 25 Mei 2023 lalu. Prestasi ini menandai pencapaian yang luar biasa dalam upayanya untuk mengembangkan ide startup Briqcoff yang berfokus pada pengelolaan limbah ampas kopi dari coffee shop untuk dijadikan bahan bakar briket (waste to energy).

Indonesia Energy Innovation Challenge (IEIC) merupakan sebuah event tahunan yang menjadi platform bagi wirausahawan dan mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam transisi energi di Indonesia. Event ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk berbagi ide dan solusi inovatif mereka, menjalin hubungan baru, dan memungkinkan adanya kolaborasi baru. Dalam IEIC 2023, beberapa juri terkemuka di bidang energi turut hadir sebagai penilai, antara lain Leon Pulles (Senior Investment Advisor of Energy Investment Management BV), Yudo Anggoro (Director for Center Policy and Public Management at SBM ITB), Kamia Handayani (Executive Vice President of Energy Transition and Sustainability at PLN), Irvan Farasatha (Founder and CEO of Powerbrain Indonesia), dan Adrianto Darmoyo (Vice President of Renewable Energy at Medco Indonesia).

Melalui usaha gigih dan dedikasinya, Nur Laila Khoirun Nisa’ dan Tim berhasil menarik perhatian juri dengan ide startup yang bernama Briqcoff. Briqcoff berhasil mempertahankan posisinya di antara top 4 finalis bersama dengan Powerflex, CnG, dan Rubboto. Keberhasilan mereka menawarkan solusi inovatif dalam pengelolaan limbah ampas kopi sebagai bahan bakar briket (waste to energy) membuat mereka layak mendapatkan pengakuan dalam kompetisi ini.

Sebagai runner-up, Nur Laila Khoirun Nisa’ dan Tim Briqcoff berkesempatan untuk menerima mentor eksklusif dan mendapatkan akses ke jaringan Energy Investment Management BV. Ini merupakan sebuah kesempatan yang berharga dalam rangka memajukan usaha mereka. Sebagai bagian dari inisiatif yang menarik ini, IEIC juga menawarkan ruang pameran gratis kepada para pemenang, di mana mereka dapat mempresentasikan produk dan solusi inovatif mereka melalui wawancara, pemotretan, dan diskusi panel di Enlit Asia 2023.

Tim Briqcoff telah membuktikan keahlian dan dedikasi mereka dalam menghadapi tantangan transisi energi di Indonesia. Prestasinya di IEIC 2023 adalah bukti nyata bahwa mahasiswa Teknik Lingkungan FST UINSA memiliki potensi besar dalam mendorong inovasi dan solusi yang berkelanjutan. Kami bangga dengan prestasi mereka dan berharap kesuksesan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain.