Berita

Mahasiswa Magister PGMI UINSA menjadi peserta Seminar Nasional Penelitian dan Inovasi Pendidikan Dasar (Senpi-Dikdas) pada Kamis, 14 September 2023 di Universitas Negeri Malang. Mahasiswa dengan nama Zuha tersebut menjadi peserta yang berkolaborasi dengan Mahasiswa S3 Pendidikan Dasar UM. Dalam kegiatan tersebut, Zuha berkesempatan menjadi presentator penelitiannya yang berjudul “Peran Gather Town sebagai Media Pembelajaran Interaktif bagi Peserta Didik Sekolah Dasar di Era Metaverse”. Judul tersebut sesuai dengan tema Senpi-Dikdas 2023 yaitu “Tantangan dan Inovasi Pendidikan Dasar di Era Metaverse”.
Penelitian kolaborasi tersebut membahas tentang peran media pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan artificial intelligence (AI) yang memudahkan peserta didik mengenali dunia metaverse. Dimana dunia metaverse adalah penggabungan antara dunia nyata dan dunia maya yang kompleks sehingga menjadikan pengguna seakan-akan berada pada lingkungan nyata. AI tersebut ialah Gather Town sebuah software yang mirip dengan aplikasi Zoom tetapi memberikan kesempatan kepada pengguna untuk mengekpresikan dirinya melalui sebuah avatar, software ini juga dapat digunakan untuk diskusi kelompok dan presentasi di depan kelas. Melalui software Gather Town dapat memberikan dampak kepada peserta didik berupa keaktifan dalam proses pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan kemandirian dalam mengeksplorasi materi pembelajaran.
Keikutsertaan Zuha dalam kegiatan tersebut dapat menjadi jalan bagi Magister PGMI UINSA untuk mencapai misinya yakni Mengembangkan kemampuan riset-metodologis mahasiswa dalam menyerap dan mengembangkan pengetahuan dan teknologi pembelajaran bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Kini Magister PGMI UINSA semakin dikenal dan dapat bersaing dengan program magister lainnya di tingkat nasional. Diharapkan mahasiswa Magister PGMI dapat mengikuti kegiatan-kegiatan serupa di tingkat nasional dan internasional agar Magister UINSA semakin unggul.