Berita

UINSA Newsroom, Senin (18/09/2023): Bidang Kepegawaian UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya menggelar acara, ‘Revisi dan Redesign Tata Pamong Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Bertempat di Hotel GreenSA Inn Surabaya, tepatnya pada tanggal 18-19 September 2023. Acara berlangsung dari pukul 09.00-16.00 WIB yang diikuti 50 peserta perwakilan dari setiap fakultas dan koordinator bidang pada UINSA Surabaya.

Acara kali ini bertema, “Menuju Mutu Pegawai yang Lebih Baik Melalui Identifikasi Kebutuhan Organisasi untuk Mencapai Kinerja Organisasi yang Efektif dan Efisien.” Dibuka langsung Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) UINSA, Dr. H. Muhtar Nazawi, M.Ag.

Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah mengevaluasi dan menata kembali ABK sesuai Anjab. Dalam kesempatan yang sama Dr. Muhtar sebagai kepala struktural tertinggi kepegawaian UINSA menyebutkan, pentingnya kegiatan ini untuk diikuti seluruh lapisan struktural di UINSA Surabaya.

“Jangan dianggap remeh beban kerja yang tumpang tindih ibu bapak sekalian. Bisa saja beban kerja yang terlalu berat sebelah menimbulkan gangguan kesehatan mental ASN,” ujarnya.

Tidak hanya memberikan sambutan, Dr. Muhtar juga menyampaikan materi terkait Anjab dan ABK. Sebagaimana dijelaskan dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Setiap instansi wajib melaksanakan Anjab dan ABK sebagai prasyarat untuk menyusun peta dan uraian jabatan, serta jumlah kebutuhan ASN. Bahwa penyusunan kebutuhan ASN dilakukan berdasarkan Anjab dan ABK,” pungkasnya. (Irma,Jihad/Magang22)