Berita

Kamis, 17 November 2022,  mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan program kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Penyuluhan Agama di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al-Jihad, Wonocolo, Surabaya. Program ini mengusung tema pengenalan sifat-sifat Wajib Nabi dan Rasul dengan sasaran peserta yaitu santri TPQ Al-Jihad Surabaya, ujar Maritza Laili Arifin selaku ketua panitia kegiatan.

Acara dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB di Masjid Al-Jihad Surabaya. Acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia yang menjelaskan tujuan penyuluhan agama ini adalah  agar santri-santri di TPQ Al-Jihad Surabaya mengetahui bagaimana implementasi sifat-sifat Nabi dan Rasul dalam kehidupan sehari-hari, ujar Maritza Laili Arifin.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang sifat-sifat wajib Nabi dan Rasul yang diselingi dengan menyanyikan lagu-lagu religi dan sholawat Nabi. Selain itu, peserta kegiatan yang umumnya anak-anak dengan kisaran usia 7-11 tahun itu diajak untuk melafalkan doa sehari-hari dan surat-surat pendek dengan tujuan mengetahui seberapa jauh pengetahuan agama mereka. Setelah pemberian materi kemudian dilanjutkan dengan games tebak-tebakan dengan tujuan agar peserta dapat me-review materi yang telah diajarkan.  Acara berakhir menjelang waktu magrib pada pukul 17.30.

Amin, selaku perwakilan dari Takmir Masjid Al-Jihad Surabaya berharap agar program ini memberikan manfaat kepada pengetahuan agama bagi para santri, program ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua,khususnya anak-anak disini, ujarnya. Sementara itu, dosen pembimbing kegiatan ini, Dr. Ali Nurdin, M.Si  mengatakan bahwa kegiatan ini tentu tidak hanya bermanfaat bagi penguatan dan pengembangan pengetahuan agama anak-anak santri TPQ, namun juga bermanfaat bagi pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam menyampaikan pesan-pesan agama kepada masyarakat, ujarnya (kpi_fdk)