Berita

FDK UINSA NEWSROOM – Minggu (14/05) . Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan Pengabdian Masyarakat dalam bidang komunikasi dengan tema public speaking dan pelatihan desain berbasis Aplikasi Canva. Kegiatan ini dilakukan pada hari/tanggal, Jum’at-Sabtu 12-13 Mei 2023 di Desa Trawas Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan ini dilakukan pada akhir pekan lalu, dengan mengunjungi Desa dan SMP yang ada di Desa tersebut mengumpulkan anggota karang taruna dan siswi SMPN 1 Trawas untuk untuk sosialisasi public speaking dan pelatihan aplikasi canva

Ketua panitia, Gita Milenovia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para pemuda agar memiliki skill dalam bidang komunikasi yang akan menciptakan komunikasi yang baik. Sosialisasi public speaking merupakan tujuan dari pengabdian ini, serta pengenalan dan pengajaran aplikasi berbasis desain melalui aplikasi canva. Adanya pelatihan ini agar dapat mengembangkan potensi-potensi yang terpendam serta menjadikan pemuda desa memiliki pengetahuan luas tentang komunikasi. Peserta kegiatan ini terdiri dari Siswa/i Osis SMPN 1 Trawas & Pemuda/I Karang taruna  yang ada di wilayah desa Trawas

Kegiatan ini direspon oleh peserta, Agus Bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi kita kalangan anak muda untuk menambahkan ilmu ilmu baru yang belum kita dapatkan dibangku sekolah.

Bapak Willy selaku kepala dusun Trawas mengatakan dengan adanya kegiatan pengabdian ini sangatlah bermanfaat bagi anak anak karang taruna ataupun pemuda yang ada ditrawas ini,serta dengan adanya kegiatan ini ditujukan untuk dikembangkannya lagi karang taruna yang ada di dusun trawas. Dengan ilmu baru yakni public speaking semoga bisa dijadikan pelajaran untuk bekomunikasi di public dengan baik dan benar.

Sementara itu, Prof. Dr. Ali Nurdin, S.Ag, M.Si selaku dosen pembimbing  mengatakan bahwa pengabdian masyarakat ini sebagai bagian kontribusi mahasiswa dalam melakukan transformasi pengetahuan dan ketrampilan kepada masyarakat. Sebagai mahasiswa, sudah selayaknya menebar hal yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Setelah kegiatan ini, diharapkan ada perubahan positif yang terjadi pada masyarakat.

(Gita Milenovia, Putri Kusuma)