Berita

Mahasiswa Hebat: Terampil dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2024

Pada hari Minggu, tanggal 25 Agustus 2024, telah berhasil dilaksanakan kegiatan Mahasiswa Hebat: Terampil dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah di Gedung FST UINSA, lantai 9 ruang 9.4 dan 9.7, dimulai pukul 09.15 hingga 13.00. Kegiatan diikuti dengan total peserta 98 orang, yang antusias untuk menghadiri acara ini.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh seorang MC, yang merincikan rundown kegiatan kepada peserta dan memberikan gambaran mengenai susunan acara yang akan dilaksanakan. Acara ini diprakarsai oleh Ketua Pelaksana Kegiatan Dwi Oktavia Ramadhani, yang memberikan sambutan pembukaan dengan penuh rasa ceria menyambut seluruh peserta. Selanjutnya, kata-kata pembukaan penyemangat disampaikan oleh Ketua HMTL UINSA, Muhammad Alfan Ardiansyah Hidayatullah.

Kemudian MC mengalihkan kepada moderator sebagai tanda awal sebelum memasuki acara inti. Moderator memperkenalkan pemateri pertama yaitu Bapak Mukhamad Wahyudi, S.Pd.I. dengan membacakan CV-nya, yang mengungkapkan tentang latar belakang dan kualifikasinya yang mendukung keahliannya dalam materi yang akan disampaikan. Kemudian, dilanjutkan dengan pre-test yang bertujuan untuk mengasah pemahaman peserta. Selama pemaparan materi, pemateri memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penulisan karya tulis ilmiah. Para peserta aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, memiliki kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pemateri.

Kegiatan telah mencapai puncaknya dengan penyerahan sertifikat penghargaan kepada pemateri oleh Ketua Pelaksana, sebagai bentuk penghormatan karena pemateri telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Kemudian MC bertanya kepada peserta ilmu apa saja yang didapat dari pemateri satu tadi, untuk menghilangkan rasa jenuh atau kantuk dari para peserta. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh pemateri kedua kita yaitu Mas Tri Sunan Agung, S.T. Sebelum itu moderator memperkenalkan pemateri kepada peserta dengan membacakan CV-nya, yang berisikan tentang latar belakang dan kualifikasi pendukung dalam keahlian yang akan diajarkan. Para peserta sangat antusias ketika pemateri menjelaskan tentang materi karya tulis ilmiah, sangat aktif ketika sesi tanya jawab, dan bisa berkesempatan mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan pemateri.

Mencapai pada puncak kegiatan dengan penyerahan sertifikat penghargaan pemateri oleh Ketua Pelaksana, sebagai bentuk rasa hormat terhadap kontribusi yang telah diberikan oleh pemateri dalam kegiatan ini. Setelah itu, peserta mengerjakan pos-test. Sesi dokumentasi bersama mengakhiri rangkaian acara ini, seluruh peserta dan pemateri berfoto bersama untuk mengabdikan momen berharga selama kegiatan.

Demikian dengan adanya kegiatan mahasiswa hebat: terampil dalam menyusun karya tulis ilmiah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi peserta tentang cara penulisan karya tulis ilmiah.