Berita

Tunjungan, Surabaya – (05/01/2024) Dalam rangka pelaksanaan kegiatan mahasiswa pada program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yaitu magang mahasiswa, perwakilan mahasiswa Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) ikuti Kegiatan Pembukaan On Boarding dan Pembekalan MBKM oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini bertempat di Siola Convention lantai 4. Kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan oleh sambutan dari Rektor setiap universitas atau yang mewakili, kemudian secara resmi dibuka oleh Dra. Ida Widayati, MM selaku Kepala DP3APPKB Kota Surabaya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 155 mahasiswa dari 5 perguruan tinggi di Surabaya yaitu UINSA, Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), dan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) serta diikuti secara daring oleh lebih dari 1000 mahasiswa penerima beasiswa pemuda tangguh Pemerintah Kota Surabaya.

Setelah pembukaan, mahasiswa mengikuti pembekalan materi dasar seperti kontrak kuliah, konseling dasar, Psychological First Aid (PFA), dukungan sosial dan kelas calon pengantin. Tujuan pemberian materi ini adalah sebagai bekal dalam mempersiapkan para mahasiswa yang nantinya akan terjun di masyarakat untuk melakukan konseling. Tidak hanya itu, pembekalan materi dasar ini juga dapat menjadi pedoman dalam usaha pemberian kelas parenting atau edukasi dan pendampingan pada keluarga yang mempunyai masalah di lapangan nantinya.

Harapan dari kegiatan pembekalan ini adalah para mahasiswa yang terlibat dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh dan dapat bermanfaat untuk masyarakat luas serta dapat menjadi langkah untuk pengembangan pengetahuan, keterampilan dan kreativitasan.

Writer: R
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi