Berita

Dau, Malang – (01/02/2024) Bertandang ke Kabupaten Malang, Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) mengirim perwakilan untuk hadiri pertemuan Forum Komunikasi Pendidikan Tinggi Psikologi Jawa Timur (FORKOM JATIM) tahun 2024. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas Arah dan Kebijakan Pendidikan Profesi Psikologi.

Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si., selaku Wakil Dekan (WADEK) I dan Rizma Fithri, S.Psi., M.Si., selaku Kepala Laboratorium FPK menjadi perwakilan FPK dalam kegiatan kali ini yang bertempat di Rayz Hotel. Kegiatan ini juga membahas tentang Proyeksi Pendirian Lembaga Akreditasi Mandiri Psikologi (LAM PSIKOLOGI).

Dalam pertemuan ini, bahasan tentang upaya pembentukan LAM PSIKOLOGI masih belum bisa terealisasikan dan berbagai upaya masih perlu dimaksimalkan, seperti instrumen penilaian serta tentang pembiayaan. Maka dari itu, akreditasi psikologi masih mengikuti standar akreditasi milik Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini berhasil menghadirkan berbagai rekomendasi lanjutan, antara lain:
1. Diperlukan upaya pertemuan lanjutan guna bahas kesiapan proses pembelajaran untuk pendidikan profesi psikologi.
2. Diperlukan upaya kolaborasi informasi guna bahas pengembangan dan pendirian program profesi psikologi.
3. Diperlukan upaya kerja sama bersama guna bahas usaha peningkatan mutu pembelajaran profesi psikologi.

Terlaksananya kegiatan ini menjadi salah satu langkah konkrit dalam upaya pengimplementasian Undang-Undang No. 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi (UU PLP). Harapan baik dilambungkan untuk upaya-upaya berikutnya dalam mengimplementasikan UU PLP ini.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi