Berita

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti kegiatan orietasi global study program dari Buffalo University, Rabu, (08/09/2023).

Mereka adalah M. Rizki dan Dewinta Zahwa Nabilah, dua mahasiswa program studi hubungan internasional Fisip UIN Sunan Ampel Sruabaya. Keduanya merupakan peserta program Ministry of Religious Affairs (MORA) Overseas Student Mobility Award atau yang dikenal dengan MOSMA Kementrian Agama Republik Indonesia.

Wakil Dekan I Fisip, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah menyampaikan selamat kepada dua mahasiswa Fisip yang berkesempatan mengikuti program MOSMA Student Mobility. “selamat peserta Mosma Student Mobility US FISIP UINSA” tulisnya. 

Untuk diketahui MOSMA adalah salah satu program dari Kementrian Agama Republik Indonesia yang merupakan implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui program MOSMA Kementrian Agama memberi kesempaan bagi mahasiswa untuk melakukan mobilitas fisik belajar di perguruan tinggi luar negeri.

Para mahasiswa peserta program MOSMA nantinya berkesempatan kuliah selama satu semester dengan durasi maksimal enam bulan. Melalui program MOSMA mahasiswa mendapatkan kredit yang bisa dikonversi ke dalam satuan kredit semester (SKS) di kampus asal.

Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk meningkatkan wawasan berfikir keilmuan, bersikap terbuka, mempelajari budaya perkuliahan dan kehidupan kampus yang berskala intenasional di perguruan tinggi yang ditempati.

Sementara kegiatan oreintasi student mobility yang diselenggarakan bekerjasama dengan Buffalo University. Buffalo University merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Buffalo, New York Amerika Serikat. Buffalo University dikenal sebagai perguruan tinggi terbaik yang berfokus pada pengembangan keilmuan dan pendidikan, terutama pada bidang pendidikan terapan.

Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, M.Si mengatakan, bahwa dua mahasiswa Fisip yang menjadi peserta MOSMA diharapkan dapat memperoleh pengalaman belajar dan mengenal budaya luar dan mendapatkan rekognisi sebagaimana visi dan misi UINSA. (umam)