Berita

MA’HAD AL-JAMI’AH ADAKAN REVIEW BAHAN AJAR

Sebaik-baik apapun kurikulum dan bahan ajar yang sudah terencana, semua bergantung kepada pengajar. Pengajar bukan saja menyampaikan ilmu, tapi harus mampu memberikan pengaruh kepada mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki kompetensi keagamaan yang lebih dan berbeda dengan yang lain.

Itulah salah satu simpulan sambutan yang disampaikan oleh Prof Akh. Muzakki,M.Ag, Grad.Dip.SEA,M.Phil, Ph.D. Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya dalam sambutannya, sekaligus membuka acara Review Kurikulum Buku Bahan Aja, Silabus dan Materi Program Peningkatan Kompetensi Keagamaan Mahasiswa/ta’lim Ma’hadi Pusat Ma’had al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kegiatan ini diadakan di Greensa Inn, Selasa 21 Februari 2023, yang melibatkan tim pengajar Ta’lim Ma’hadi dengan perwakilan dari fakultas-fakultas di lingkungan UIN Sunan Ampel. Semangatnya sama, yaitu melakukan review bahan ajar yang diajarkan kepada mahasiswa, khususnya materi fikih keseharian. Bukan hanya itu, review ini memastikan bahwa fikih yang dipilih masih dalam semangat moderasi beragama.
Pada waktu yang bersamaan, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga memberikan sambutan bahwa program yang dilakukan oleh Pusat Ma’had al-Jami’ah merupakan program unggulan, walau tidak ber SKS. Karenanya, secara pribadi, saya berharap kepada para tutor ikut memberikan sumbangsihnya menebarkan ilmunya kepada mahasiswa sehingga mereka memiliki karakter yang baik, yang membedakan dengan mahasiswa dikampus yang lain.
Sampai acara ini selesai, semua tutor tetap semangat dan menyelesaikan semua tugas review berdasar pada materi yang sudah dibagi sebelumnya. Pastinya, pada semester genap tahun 2022/2023 pembelajaran akan berjalan sesuai dengan ketentuan akademik dan akan diinformasikan kemudian. Semoga ikhtiyar ini menambah kualitas ajar Ta’lim Ma’hadi, tegas Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag di awal sambutannya.