Berita

MA’HAD AL-JAMI’AH; 355 MAHASISWA IKUTI PEMBINAAN AL-QUR’AN

Di awal perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Tepatnya Senin, 27 Maret 2023, Ma’had al-Jami’ah menyelenggarakan Pembinaan Ta’lim Al-Qur’an bagi mahasiswa yang dinyatakan belum lulus Ta’lim Al-Qur’an. Pembinaan ini dilakukan agar seluruh mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya apapun jurusannya dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik.

Kali ini sebanyak 355 mahasiswa akan melakukan pembinaan Al-Qur’an yang telah di jadwal oleh tim pusat Ma’had al-Jami’ah.  Ada sekitar 17 Tutor/Mualim Al-Qur’an yang akan selalu mendampingi pembinaan Al-Qur’an.

Dari 17 Tutor/Mu’allim tersebut, 8 kelas dipusatkan di Masjid UINSA Kampus Ahmad Yani dan 9 kelas lainnya diselenggarakan di Masjid Kampus Gunung Anyar. Ketentuan yang harus diperhatikan oleh Mahasiswa sebagai syarat mengikuti ujian akhir yaitu kehadiran minimial 75% dari 20 pertemuan tatap muka. Tegas Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag – Selaku Kepala Pusat Ma’had al-Jami’ah.

Selain Al-Qur’an, pembinaan ini juga meningkatkan hafalan mahasiswa, khususnya surah-surah pendek, doa-doa sehari-hari, seperti doa qunut, doa tidur, dan lain-lain. Upaya ini sengaja dilakukan agar tidak ada mahasiswa UINSA yang tidak mengerti dengan doa-doa yang dilakukan sehari-hari. Kalau mereka hafal, tapi tidak mengetahui penempatannya, misalnya doa makan dibaca untuk doa masuk kamar mandi dan lain-lain, sebagaimana dialami tutor Ma’had saat tes awal Ta’lim Al-Qur’an.

Pembinaan ini dilakukan, lagi-lagi sebagai upaya konkrit agar lulusan UIN Sunan Ampel Surabaya benar-benar bisa membaca Al-Qur’an dan hafalan doa-doa sehari-hari, khususnya di jurusan umum. Tidak muluk-muluk mungkin, namun terwujudnya mimpi ini setidaknya untuk terwujudnya pemahaman masyarakat bahwa mahasiswa UINSA apapun jurusannya pasti bisa membaca Al-Qur’an. Semoga usaha ini membuahkan hasil.

Di samping itu, untuk memyemarakkan siar ramadhan masjid menyediakan ta’jil yang disupport oleh pimpinan uinsa serta beberapa CSR mitra UINSA diantaranya BTN, BSI, Bank Muamalat, Koperasi Al-Kausar dan DWP UINSA.[ibn]