Berita

PPG LPTK UINSA, 28 Juni 2024_ Sejumlah 621 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam (PPG PAI) Batch 1 Tahun 2024 mengikuti orientasi secara daring melalui platform Zoom Meeting. Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa mengenai kebijakan pelaksanaan PPG serta pengenalan platform pembelajaran online yang akan digunakan selama mengikuti proses pembelajaran.

Acara orientasi yang dimulai pukul 12.30 WIB ini dibuka oleh Ketua LPTK UINSA Prof. Dr.H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd.  Dr. Moh. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan materi oleh Dr. Amak Burhanudin, M.Pd.I, yang memberikan materi tentang kebijakan pelaksanaan PPG. Beliau  menjelaskan pentingnya kebijakan ini dalam membentuk kompetensi mahasiswa calon guru PAI yang berkualitas serta pesan 5S & 7I yang wajib dikuasai dan dilaksanakan oleh mahasiswa PPG.

Selanjutnya, Muhammad Syamsul Ma’arif, MH., menyampaikan materi pengenalan dan simulasi penggunaan Learning Management System (LMS) SPACE. Materi ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran, tugas, dan interaksi dengan dosen dan sesama mahasiswa secara online.

Ainun Syarifah, M.Pd.I, sebagai narasumber terakhir, menjelaskan mekanisme pelaksanaan pendalaman materi yang akan diikuti oleh mahasiswa selama program PPG. Materi ini merupakan tahap awal dalam mempersiapkan mahasiswa dalam menguasai materi yang akan diajarkan dalam proses belajar mengajar di lapangan.

Acara yang berlangsung hingga pukul 20.00 WIB ini juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dengan narasumber, guna memperjelas pemahaman terkait materi yang disampaikan. Para mahasiswa juga menyambut baik pelaksanaan orientasi ini, menganggapnya sebagai langkah awal yang solid dalam mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dan tugas-tugas selama masa studi PPG PAI.