Berita

Minggu (24/03/2024) Departemen sosial Himpunan Mahasiswa matematika (HIMATIKA Algebra) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) melaksanakan salah satu program kerjanya,yaitu mengadakan Do’a serta Buka bersama di Panti Assalafiyah, buka bersama warga matematika, serta bagi takjil di area sekitar kampus UINSA 2.Salah satu acara diadakan di yayasan Assalafiyah, Desa kedungbaruk, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. Peserta dalam acara ini berjumlah kurang lebih 50 orang,yang terdiri dari 23 panitia, 25 anak asuh Panti Assalafiyah, dan 3 pengurus yayasan.

Pada tahun ini, tema yang diangkat “Eratkan Tangan, Merajut Kebersamaan dalam Indahnya Bulan Suci Ramadhan”. Anak asuh, panitia, beserta pengurus panti yang antusias memeriahkan acara tersebut. Acara berjalan lancar walaupun terdapat beberapa kenadala di luar ekspektasi panitia.

Pada saat acara Do’a dan Buka bersama, beberapa penyebab acara tak berjalan lancar sesuai rundown, salah satunya adalah keterlambatan dimulainya acara, yang semula akan dimulai pukul 15.00 WIB terpaksa harus tertunda sampai 15.40 WIB. Susunan acara terdiri dari pembukaan, sambutan-sambutan, game, taujihad, penyerahan tali asih, buka bersama, dan penutup. Pembukaan dilakukan oleh MC, Adellia Rova Chumairo dan Diah Anggie Maretina. Dilanjutkan penyampaian sambutan oleh Ketua Pelaksana dari Kak Sri Wahyuni, Ketua Himatika Algebra yaitu Kak Syukron Abdul Aziz, dan Ketua Yayasan Panti Assalafiyah yaitu Bpk. As’ad Ihya.

          Kegiatan selanjutnya adalah game. beberapa anak dibagi menjadi tiga kelompok. Game tersebut adalah tebak gaya dan kreativitas. Pada kreativitas ini diharapkan agar adik-adik panti dapat bebas berkreasi sekaligus menjadi kenang-kenangan untuk disimpan. Dari panitia juga menyiapkan hadiah menarik bagi semua kelompok. Setelah kegiatan game selesai, dilanjutkan ke acara taujihad atau ceramah agama yang disampaikan oleh salah satu mahasiwa prodi Matematika UINSA yaitu saudara Muhammad Sailul Adzan dengan tema “Al jihadu fi sabilillah”. Taujihad ini berjalan selama 15 menit.

Acara selanjutnya yaitu penyerahan tali asih kepada anak asuh dan pemberian hadiah bagi pemenang games. Memasuki acara puncak yaitu berbuka dan sholat maghrib berjamaah. Selanjutnya, acara ditutup oleh MC sekaligus penyerahan sembako dari panitia kepada pihak Panti Asuhan Assalafiyyah. Terakhir, acara ditutup dengan foto Bersama anak asuh dan pengurus yayasan beserta pengurus Himatika Algebra.

 

Sebelum acara terlaksana, Departemen sosial Himatika Algebra membuka donasi berupa uang, sembako, maupun takjil yang disebarkan melalui pamflet dan video tiktok. Donasi yang diterima sebesar Rp 6.005.600. Harapan kelak, acara do’a dan buka bersama juga pembagian takjil yang telah terlaksana dapat bermanfaat bagi pihak panti asuhan assalafiyah maupun donatur serta meningkatkan antusias untuk berbagi kepada sesama terutama saat bulan suci Ramadhan.